Giliran Pekon Muarabaru dan Muarajaya II Mengikuti Monev APBP Tahap I dan II

Giliran Pekon Muarabaru dan Muarajaya II Mengikuti Monev APBP Tahap I dan II

Medialampung.co.id - Tim Verifikasi Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung melaksanakan Monitor da Evaluasi (Monev), pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) Tahun Anggaran (TA) 2021, untuk tahap satu dan sedang berjalan. 

Pada Selasa (21/9), pekon yang dilakukan Monev, dipimpin langsung Camat Ernawati, S.E., yakni Muarajaya II, dan Muarabaru. Setelah pada hari sebelumnya dilaksanakan di Purajaya dan Purawiwitan.

Dalam Monev tersebut yakni penegakan realisasi APBP Tahap I dan tahap II yang tengah berjalan, seperti bidang laporan dan tanda terima, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), hingga pengecekan Surat Pertanggungjawaban (SPj) tahap satu, dan realisasi bulan berjalan. Berikut monitor Draf Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon, Tahun Anggaran (TA) 2022 dan lampiran aset pekon.

Disampaikan Peratin Muarabaru Sanan dalam Monev itu tim verifikasi kecamatan tentunya memantau dan melihat kesesuaian program yang telah berjalan, antara realisasi dengan anggaran.

Selain itu, langkah persiapan untuk kesiapan pekon menyambut Monev oleh tim verifikasi kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan 28 September. 

Sementara disampaikan Peratin Muarajaya II Yan Sopian  dampak pandemi Covid-19 yang sudah dua tahun melanda dunia menyebabkan beberapa kegiatan fisik khususnya tidak bisa dilaksanakan. 

Namun demikian dengan segala upaya tahun ini untuk kegiatan fisik renovasi total Gedung Serba Guna (GSG) yang pengerjaannya segera dilaksanakan. 

"Harapan kita bersama semoga tahun depan kondisi kembali normal seperti sedia kala dan semua program pekon dapat dijalankan secara maksimal," imbuhnya. 

Sebelumnya disampaikan Camat Ernawati, kegiatan tersebut merupakan tugas tim kecamatan dalam menyakinkan pekon agar siap diberikan Monev oleh tim kabupaten. 

Sehingga apa yang akan lakukan tim kabupaten, terlebih dulu dicek oleh tim kecamatan, baik tentang, BLT-DD, RKP, APBP Tahap Dua, hingga Aset Pekon, penanganan Covid-19 dan menyeluruh lainnya. 

"Dalam Monev ini tim verifikasi kecamatan melakukan upaya kesiapan pekon diberikan monev oleh tim verifikasi kabupaten," ujarnya. 

Karena itu Erna mengimbau pekon harus siap. Sebagaimana uang sudah masuk Rekening dan telah dicairkan sesuai pengajuan dan telah dilaksanakan. Maka sekarang pekon harus siap mempertanggungjawabkan realisasinya  sesuai peraturan berlaku. 

"Monev ini kami lakukan sejak Kamis pekan kemarin, dan jadwalnya salam satu hari dilakukan di dua pekon," tandasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: