PT Mutiara Ingin Bangkitkan Perekonomian Desa dengan Konsep Pertades BUMDes

PT Mutiara Ingin Bangkitkan Perekonomian Desa dengan Konsep Pertades BUMDes

Medialampung.co.id - PT Mutiara Teknologi menggelqlar rapat Konsolidasi Pertades se-Sumbagsel yang berlokasikan di Caffe Lagent Oma Sukarame Bandarlampung.

Ikut hadir diantaranya GM PT Mutiara Hendra Winada, CO Regional Sumatera Muhammad Gufran serta para tokoh UMKM Lampung.

Hendra kepada medialampung.co.id mengatakan, Pertades merupakan konsep usaha dari PT Mutiara Teknologi Indonesia untuk desa dengan memberdayakan BUMDes.

"Dengan tujuan agar dapat memberikan pelayanan penjualan BBM kepada masyarakat. Pertades membawa BBM hingga ke pelosok negeri lebih dekat dengan masyarakat dengan menggandeng Bumdes sehingga dengan mudah membeli BBM tanpa harus pergi jauh ke pusat kota. Selain itu, Pertades juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa," ungkapnya Rabu (22/9).

Lanjutnya Pertades menyediakan 2 paket item BBM, yaitu paket RON92 dan HSD. Tipe BBM tersebut yang paling dibutuhkan masyarakat mengingat pertumbuhan penggunaan kendaraan bermotor dan alat industri di pedesaan semakin meningkat.

Lanjutnya lagi permodalan pembangunan Pertades bisa dari dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun dari masyarakat desa setempat sebagai investor, sehingga tercipta dari masyarakat,oleh masyarakat dan untuk masyarakat dan dampaknya pun nanti bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Insyaallah untuk 2021 ini akan dibangun Pertades di Beberapa Kabupaten yang ada di Lampung . Saat ini masih menunggu proses perizinannya,” ujarnya.

Hendra .menambahkan, Pertades merupakan program kemitraan antara PT.Mutiara Teknologi Indonesia (Persero) dengan Pemerintah Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang selanjutnya disebut Pertades BUMDes. Kemitraan Pertades BUMDes dalam hal penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus beroperasi di wilayah Desa.

“Jadi Pertades dapat pula diartikan sebagai SPBU Desa yang dioperasikan secara legal taat regulasi baik regulasi pemerintah Daerah maupun BPH migas,” paparnya.

Pertades akan dikelola Bumdes bersama PT Mutiara Teknologi Indonesia (MTI) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Melalui Bumdes. Adanya Pertades, masyarakat di pelosok desa tidak akan kesulitan lagi mendapatkan Bahan Bakar Mesin (BBM) dengan harga sesuai standar aturan BPH Migas

“Adapun BBM yang dijual di PERTADES khusus Ron 92 dan HSD, Jadi masyarakat di desa bisa mendapatkan BBM dengan harga standar seperti yang ada di kota-kota dengan Kualitas bagus,” ujar Hendra.

Pendirian Pertades oleh Bumdes di desa-desa adalah resmi berdasarkan Peraturan BP Migas No.6/2015. Dijelaskannya, setiap desa boleh mendirikan Pertades dengan syarat 1 unit Pertades mencakup 5000 KK

“Untuk profitnya juga besar, yakni sebesar 70% untuk BUMDes jika penyertaan modalnya murni dari BUMDes, serta profit sebesar 30% untuk PT. MTI sebagai pengelola management,” bebernya.

Ia juga membuka lebar desa-desa di Lampung yang memiliki Bumdes untuk menjalin kerjasama pendirian Pertades.

“Ini sudah menjadi komitmen kami dalam upaya mendorong percepatan pembangunan perekonomian di wilayah perdesaan melalui pemberdayaan BUMDes,” pungkasnya. (ion/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: