Dampak Amukan Gajah di Suoh, Puluhan Gubuk Rusak, 27 KK Mengungsi

Dampak Amukan Gajah di Suoh, Puluhan Gubuk Rusak, 27 KK Mengungsi

Medialampung.co.id - Kawanan gajah mengamuk,  tepatnya di Talang Lokasi Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat pada Kamis malam (11/2).

Akibat amukan gajah dengan habitat asli Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) tersebut mengakibatkan puluhan gubuk yang ditempati oleh masyarakat rusak, selain itu tanaman warga juga tidak luput dari amukan satwa berbadan tambun tersebut.

Camat Suoh Mandala Harto, SIP., membenarkan adanya konflik antara gajah dan manusia tersebut. Bahkan menurutnya saat ini warga yang sekitar lokasi konflik telah di evakuasi sementara ke permukiman yang lebih aman.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian cukup besar dialami oleh masyarakat, karena selain gubuk yang memang mereka tempati mengalami kerusakan, juga tanaman juga rusak," kata dia.

Berdasarkan hasil inventarisasi yang dilakukan pihaknya, lanjut Mandala, ada 27 KK mengungsi, dan kondisi gubuk tempat tinggal mereka rusak parah. Selain itu ratusan batang tanaman pisang dan pinang rusak.

"Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan kamu berkoordinasi terhadap pemerintah pekon agar masyarakat dapat mengungsi sementara, sampai kawanan gajah tersebut bisa kembali menjauh dari lahan garapan mereka," ujarnya.

Lebih lanjut Mandala mengungkapkan, pihaknya juga menghimbau untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan, seperti melakukan pengusiran dan pendampingan dari pihak terkait dalam hal ini petugas TNBBS dan lainnya.

"Jangan sampai masyarakat nekat mengusir sendiri tanpa pendampingan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan semoga kawanan gajah tersebut bisa segera kembali menjauh ke dalam hutan," pungkasnya.

Dampak Konflik yang Terjadi;

Korban Kerusakan Tanaman

  1. Milik Hendri  (kebun Pisang Sekitar 100 batang )
  2. Milik Saman (kebun padi Gogo 1,5 H )
  3. Milik Soleman (kebun pisang 50 batang/rumpun)
  4. Milik Suherli (kebun pisang 120 batang/rumpun)
  5. Milik Nata (kebun Jambe/pinang 50 btaang)
  6. Milik Siti (kopi dan pinang 50 batang )

Korban Kerusakan Gubuk dan Mengungsi

  1. Aan
  2. Santani
  3. Sarja
  4. Mad sa'i
  5. Sariman
  6. Satria
  7. Kardi
  8. Sahani
  9. Roni
  10. Yadi
  11. Herman
  12. Jaenal
  13. Rasim
  14. Anwar
  15. Arsid
  16. Amir
  17. Wawan
  18. Nurman
  19. Amir B
  20. Sarpin
  21. Jaya
  22. Mintari
  23. Ar Sanin
  24. Asep
  25. Sodang
  26. Kadir
  27. Miskun
*(nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: