Jadi Lokasi Fokus Stunting, Wagub Berencana Kunjungi Pekon Sukaraja

Jadi Lokasi Fokus Stunting, Wagub Berencana Kunjungi Pekon Sukaraja

--

Medialampung.co.id - Pekon Sukaraja, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat menjadi lokasi fokus (Lokus) penanganan stunting yang kini terus mengikuti berbagai kegiatan pembinaan yang dilakukan Puskesmas setempat.

Kepala UPT Puskesmas Batubrak Nezwan, S.K.M. menjelaskan pembinaan wilayah yang menjadi lokus stunting 2022 itu dilaksanakan oleh sejumlah tim nakes diantaranya bidang penanggujawab gizi, promosi kesehatan (Promkes) dan kesehatan lingkungan (Kesling).

“Selain tim puskesmas, pembinaan juga di dilakukan oleh Camat, tim BKKBN, TP-PKK kabupaten untuk melakukan pembinaan program PKK, dasawisma dan pokja 4,” jelasnya.

Dengan menjadi Lokus stunting, terus Nezwan, program kegiatan ini di Pekon Sukaraja ini akan ditinjau oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia yang sebelumnya dijadwalkan pada awal mei namun di undur. 

“Ya rencana ibu wagub akan turun melakukan peninjauan, sebelumnya dijadwalkan pada Mei tapi di undur kemungkinan bulan Juni ini,” tambahnya.

Sejauh ini, kata dia, kegiatan pembinaan yang telah berjalan selama satu bulan itu masyarakat telah di edukasi berbagai program kesehatan meliputi lima Pilar sanitasi berbasis masyarakat (STBM) yaitu Stop Buang Air Besar /ODF yang sejalan dengan telah dideklarasikannya sebagai pekon ODF tahun 2020, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), PAM RT atau semua masyarakat sudah menggunakan air bersih, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga serta saluran pembuangan air limbah rumah tangga (SPAL RT).

 

“Untuk bagian Promkes membina dan menyiapkan rumah sehat, termasuk upaya untuk menunjang keberhasilan menurunkan angka stunting Kita laksanakan program kelas Balita stunting, pemantauan secara berkala BB/TB terutama Balita stunting, Evaluasi secara berkala balita stunting, pemantauan Pemberian PMT dan susu, balok SKDN serta cara mengisi KMS, Grafik BB/TB, TB/U,” imbuhnya.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: