Ikuti Orientasi, TPK Diharapkan Mampu Berperan Dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting

Ikuti Orientasi, TPK Diharapkan Mampu Berperan Dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Puluhan kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) mengikuti kegiatan orientasi yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak (DP2KBP3A) di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Batu Ketulis dan Belalau pada Selasa 5 Maret 2024.  

Mewakili Camat Batu Ketulis Sri Handayani, Kasi Trantib sekaligus Pj Peratin Bakhu Aruman S.I.P.,saat membuka kegiatan orientasi itu berharap agar keberadaan TPK dapat menjadi salah satu aktor penting untuk mendukung upaya penurunan angka stunting di Batu Ketulis, Karenanya, orientasi ini dinilai menjadi bagian penting sebagai penguatan untuk para TPK dapat menjalankan fungsinya.

“Perlu kita ketahui bahwa Tim Pendamping Keluarga mempunyai tugas untuk melakukan penyuluhan, memfasilitasi pelayanan serta melakukan surveilans kepada sasaran keluarga berisiko stunting. Karena itu, kegiatan orientasi ini sangat penting untuk dijadikan pedoman,” ujarnya.

Menurut Aruman, selain orientasi, TPK yang kini menjadi salah satu ujung tombak dalam upaya percepatan penurunan stunting juga dipandang perlu diberdayakan, diberikan support serta dukungan sarana prasarana dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

BACA JUGA:Gelar Workshop, Kanwil Tekankan Percepatan Transformasi Digital

Namun demikian, disamping adanya TPK, pihaknya berharap seluruh elemen dapat membantu dan membangun komitmen bersama untuk mengentaskan stunting mulai dari tingkat pekon, kecamatan dan kabupaten.

“Masalah stunting ini sudah menjadi masalah nasional sehingga perlu komitmen yang kuat untuk bersama-sama menanggulanginya. Kita berharap momentum orientasi tim Pendamping Keluarga ini dapat menumbuhkan semangat tim untuk meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan pendampingan keluarga dan melayani keluarga beresiko stunting,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: