Aparat dan Warga Pekon Sukapura Ingatkan Oknum Tidak Buang Sampah Sembarangan

Aparat dan Warga Pekon Sukapura Ingatkan Oknum Tidak Buang Sampah Sembarangan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya menyentuh hati para pelaku pembuangan sampah sembarangan di ruas jalan nasional, Pekon Sukapura, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat yang berdampak bukan saja menjadi kumuh tapi juga mengancam kelestarian mata air warga.

Aparat pekon bersama warga dan Karang Taruna, tiada henti-hentinya melakukan gotong royong dan memberikan himbauan berupa larangan buang sampah.

Ketua Karang Taruna Sukapura Arifin Tirta, mengatakan, dengan melakukan buang sampah sembarangan di pinggir jalan nasional tepatnya dari pintu masuk PLTA Way Besai mengarah ke hutan pinusan perbatasan dengan Kabupaten Lampung Utara jelas akan membuat lokasi kumuh dengan ragam sampah yang berserakan.

Namun, selain menyebabkan bau tak sedap, juga menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat Pekon Sukapura sendiri. 

BACA JUGA:Mantan Wabup Lampung Selatan Muchtar Husin Restui Niat Nanang Ermanto Maju di Pilkada 2024

Lantaran sisi ruas jalan nasional yang dijadikan tempat buang sampah tersebut merupakan hulu mata air masyarakat yang dikonsumsi sehari-hari. 

Atas dasar hal-hal tersebut masyarakat dan pemerintah pekon intens melakukan pembersihan, seperti membakar, membuang sampah yang sudah ada dan memasang spanduk ajakan untuk tidak buang sampah.

Disampaikan Arifin, oknum yang buang sampah di jalur tersebut merupakan pihak yang tidak dikenal atau dari luar pekon dan dengan spanduk yang dipasang diharapkan ada kesadaran diri agar tidak lagi buang sampah yang merugikan orang lain.

Terpisah, peratin Setiawati menyampaikan terimakasih kepada warganya yang terus berpartisipasi dalam menjaga dan membangun pekon, termasuk dalam penanganan sampah yang terus menerus jadi permasalahan lantaran kurangnya kesadaran oknum. 

BACA JUGA:Demam Berdarah di Lampung Barat Mengkhawatirkan, 274 Orang Terjangkit Tersebar di 11 Kecamatan

Dirinya juga meminta agar upaya yang dilakukan warganya dan aparat dalam penanganan sampah untuk dihormati, dengan tidak buang sampah sembarangan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: