Sempat Terindikasi Narkoba, Hasil Uji Lab Satu Balon Peratin Negatif Methamphetamine

Sempat Terindikasi Narkoba, Hasil Uji Lab Satu Balon Peratin Negatif Methamphetamine

--

Medialampung.co.id – YS salah satu Bakal Calon (Balon) Peratin yang turut meramaikan pemilihan peratin (Pilratin) serentak di Kabupaten Pesisir Barat harus menjalani serangkaian uji sampel di laboratorium Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Laboratorium Kesehatan milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, setelah sebelumnya yang bersangkutan terindikasi mengkonsumsi narkotika pada saat menjalani tes urine yang dilakukan Satuan Reserse Narkoba (Satres-Narkoba) Polres Lambar beberapa waktu lalu.

Kasat Res-Narkoba Polres Lambar Iptu Juherdi Sumandi, SH., mendampingi Kapolres AKBP Hadi Saepul Rahman, SIK., membenarkan terkait hal itu. Menurut dia, pihaknya melakukan uji laboratorium terhadap urine milik YS, sebagai tindaklanjut dari tes urine yang dilakukan pihak. 

Namun setelah dilakukan uji laboratorium, urine yang bersangkutan tidak mengandung zat narkotika jenis methamphetamine (sabu- sabu).

YS juga sempat dilakukan pemeriksaan terkait dengan indikasi tersebut, berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut yang bersangkutan tidak pernah mengkonsumsi narkotika, dan karena salah satu penyakit YS rutin mengkonsumsi obat.

”Yang bersangkutan rutin meminum obat resep dari dokter hingga saat ini untuk mengobati penyakitnya, begitu juga dengan hasil uji laboratorium negatif, artinya untuk seluruh Balon peratin di Pesbar bebas narkoba,” ungkap Juherdi, Kamis (26/5).

Menurutnya, ada beberapa jenis obat yang mengandung zat mirip dengan zat yang ada di narkoba, seperti obat penahan rasa sakit atau obat penenang. Karenanya untuk membuktikan lebih lanjut, uji laboratorium menjadi pilihan dengan hasil yang akurat.

"Guna membuktikan apakah memang benar zat narkotika atau bukan kami harus melakukan uji laboratorium," ujarnya.

Dengan telah diterimanya surat hasil uji laboratorium dari UPTD Laboratorium Dinkes Provinsi Lampung itu, lanjut Juherdi, maka selanjutnya pihaknya akan menyampaikan surat pemberitahuan kepada pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Pesisir Barat. 

”Karena hasilnya sudah kita terima dari pihak Laboratorium, maka selanjutnya kami akan menyurati pihak Pemkab Pesisir Barat,” kata dia.

Untuk diketahui, sebelumnya sebanyak 221 orang di Pesbar menjalani tes urine yang dilakukan Satres-Narkoba Polres Lambar.

 

221 orang tersebut, merupakan Balon Peratin pada Pilratin serentak yang akan diselenggarakan di 68 pekon di Kabupaten Pesisir Barat.(nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: