Kemendag Siapkan Jurus Baru: Perkuat Pasar Lokal, Perluas Ekspor di 2026
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti. - Foto H Golkarpedia--
MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mulai menyiapkan strategi besar menghadapi tantangan ekonomi tahun 2026.
Fokusnya terbagi dua: menjaga stabilitas pasar dalam negeri dan mendorong peningkatan ekspor produk nasional.
Langkah tersebut dipaparkan Wakil Menteri Perdagangan Dyah Roro Esti dalam forum rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta.
Tiga prioritas utama disiapkan untuk mendukung arah kebijakan perdagangan nasional ke depan.
BACA JUGA:Pantai Menganti, Surga Tersembunyi di Selatan Kebumen
Pertama, Kemendag akan memusatkan perhatian pada perlindungan pasar domestik. Caranya dilakukan melalui penguatan distribusi antar wilayah, peningkatan sarana perdagangan, hingga penyediaan fasilitas pengembangan dan sertifikasi produk lokal.
Selain itu, konsumen juga akan diberdayakan agar lebih sadar kualitas dan hak-haknya dalam aktivitas perdagangan.
Langkah pengamanan pasar ini juga meliputi peningkatan pengawasan terhadap praktik perdagangan, kemudahan berusaha bagi pelaku usaha, serta dukungan penuh pada pengembangan produk dalam negeri.
Tindakan protektif terhadap potensi gangguan pasar dari luar juga menjadi bagian penting dari kebijakan tersebut.
BACA JUGA:Jangan Timbun Uang Tunai di Rekening, Ini Alasannya
Kebijakan kedua diarahkan untuk memperluas akses pasar ekspor. Kemendag akan memperkuat jalur diplomasi perdagangan dan meningkatkan promosi produk Indonesia di pasar internasional.
Hal ini sejalan dengan rencana percepatan ratifikasi berbagai perjanjian dagang bilateral dan multilateral yang tengah berjalan.
Di tengah ketidakpastian ekonomi global, langkah ini dinilai krusial untuk membuka peluang ekspor baru.
Sementara itu, prioritas ketiga difokuskan pada penguatan pelaku usaha kecil dan menengah.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:




