Ini Kata Pj Gubernur Samsudin Soal Pembangunan Kota Baru yang Akan Menjadi Proyek Strategis Nasional

Jumat 16-08-2024,15:24 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi Lampung telah memulai pembangunan kawasan Kota Baru di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan sejak tahun 2010 yang lalu.

Namun karena ada beberapa kendala dan juga tantangan, maka proses pembangunan Kota Baru sampai dengan saat ini masih belum berhasil diselesaikan.

Maka dari itu Pemprov Lampung terus berupaya agar pengembangan kawasan Kota Baru terus berjalan. Tentu hal tersebut juga untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada di Kota Bandar Lampung sudah ada rasa jenuh dengan berbagai permasalahan yang menyebabkan tingginya beban spasial, diantaranya kemacetan, juga permasalahan banjir dan kekeringan, berkembangnya kawasan kumuh dan kawasan ilegal.

Kondisi tersebut juga yang menjadi dasar pemikiran untuk memindahkan aktivitas pusat pemerintahan Provinsi Lampung ke kawasan Kota Baru di Jatiagung Lampung Selatan, dimana pemilihan Jati Agung sendiri juga telah melalui beberapa pertimbangan dan kajian.

BACA JUGA:Siswa SMAN 3 Bandar Lampung Diduga Jadi Korban Bullying, Ditemukan Tak Sadarkan Diri dan Badan Penuh Luka

Menurut Pj Gubernur Samsudin, pengembangan kawasan Kota Baru sangatlah penting bagi Provinsi Lampung. Kota Baru, kata Pj Gubernur, bukan hanya sekedar memindahkan ibu kota provinsi ke wilayah yang baru.

Lebih dari itu, Kota Baru diharapkan dapat menjadi ‘engine of growth’ atau mesin penggerak bagi tumbuhnya pusat kawasan baru di luar Kota Bandar Lampung.

Keberlanjutan pembangunan kawasan Kota Baru diharapkan dapat menjadi pendorong berbagai investasi baru di sekitar kawasan, tidak hanya di sektor properti, tetapi juga di sektor-sektor lain seperti fasilitas pendidikan, olah raga, perdagangan, akomodasi dan restoran, ruang terbuka hijau, transportasi, dan sektor industri. Berbagai investasi ini diharapkan juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung.

“Pembangunan kawasan Kota Baru juga diharapkan mampu membangun budaya kerja baru, mindset baru, dan Kota Baru sebagai basis ekonomi baru di Provinsi Lampung,” kata Pj. Gubernur.

BACA JUGA:Jelang HUT ke-79 RI, Paskibraka Bandar Lampung Akan Dikukuhkan Malam Ini

Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa kawasan Kota Baru memiliki potensi pengembangan yang cukup besar. Dari sisi lokasi, kawasan Kota Baru memiliki posisi strategis yang berdekatan dengan beberapa titik atau pusat kegiatan penting, diantaranya kawasan pendidikan tinggi LARAIN (Unila, Itera, UIN), kawasan industri dan pergudangan di Tanjung Bintang, dan pusat bisnis dan perdagangan Kota Bandar Lampung.

Dari sisi aksesibilitas, kawasan Kota Baru juga cukup mudah, karena berdekatan dengan dua titik akses Jalan Tol Trans Sumatera, yaitu gerbang tol Kota Baru dan gerbang Tol Lematang.

Pj Gubernur selanjutnya mengungkapkan bahwa Pemprov Lampung saat ini sedang mengupayakan agar kawasan Kota Baru bisa menjadi salah satu bagian dari proyek strategis nasional, atau setidaknya mendapatkan dukungan prioritas secara nasional.

Kategori :