Daun Seledri: Si Hijau Rendah Kalori yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Sabtu 03-08-2024,11:04 WIB
Reporter : Wiji
Editor : Budi Setiawan

LAMPUNGMEDIA.CO.ID - Seledri, tanaman yang sering kita jumpai sebagai penyedap masakan, ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, terutama dalam membantu menurunkan kadar kolesterol.

Seledri mempunyai kandungan nutrisi yang kaya dalam daun seledri membuatnya menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung ,serta mampu menurunkan kolesterol pada tubuh 

Daun seledri adalah bahan alami yang mudah didapat dan aman dikonsumsi. Selain berkhasiat menurunkan kolesterol, seledri juga memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya.

Kandungan 3-n-butylphthalide (BuPh): Senyawa ini merupakan bintang utama dalam daun seledri yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). BuPh bekerja dengan cara menghambat produksi kolesterol di hati dan meningkatkan ekskresi kolesterol melalui empedu.

BACA JUGA:Dr. Zaidul Akbar Bagikan Resep Herbal Menjaga Kesehatan Paru-paru

BACA JUGA:Segudang Manfaat Lengkuas, Salah Satunya untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh tubuh dan juga diperoleh dari makanan. Meskipun diperlukan dalam jumlah tertentu untuk membentuk sel dan hormon, kadar kolesterol yang tinggi dapat menumpuk di dinding arteri, menyebabkan penyempitan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berikut kandungan dalam seledri yang mampu menurunkan kolesterol

Kaya Serat: Serat dalam seledri membantu menurunkan penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga mengurangi jumlah kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah.

Antioksidan: Seledri mengandung berbagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, termasuk kerusakan pada pembuluh darah.

BACA JUGA:Manfaat Tanaman Hias Sri Rejeki Buat Kesehatan serta Pikiran

BACA JUGA:4 Manfaat Daun kumis Kucing untuk Kesehatan Kulit

Peningkatan Kolesterol Baik (HDL): Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi seledri dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang berfungsi membawa kolesterol jahat keluar dari tubuh

Sedangkan ada beberapa cara dalam mengkonsumsi daun seledri itu sendiri seperti: 

Ditambahkan ke dalam salad: Potong-potong daun seledri dan tambahkan ke dalam salad sayuran favorit Anda.

Kategori :