Peringati 1 Muharram 1446 Hijriah, PHBI Sumber Jaya Gelar Pawai Ta'aruf dan Santuni Yatim Piatu

Minggu 07-07-2024,15:40 WIB
Reporter : Rinto Arius
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat menggelar pawai ta’aruf dan pemberian santunan anak yatim piatu yang dipusatkan di lapangan Manunggal, Kelurahan Tugu Sari, Minggu 7 Juli 2024. 

Dalam acara tersebut tampak hadir Camat Sumber Jaya Agus Hadi Purnama, S.IP., Lurah Tugu Sari Ena Juwita, SE., serta para tokoh mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat tokoh pemuda dan warga pada umumnya. 

Lurah Ena Juwita menginformasikan salam pawai ta'aruf tersebut peserta yang mengikuti merupakan santri dan santriwati Taman Pembelajaran Al-Quran (TPA) serta paguyuban se kecamatan Sumber Jaya.

Dijelaskannya peringatan tahun Baru Islam 1 Muharram, memang telah menjadi tradisi tahunan di kecamatan itu. 

BACA JUGA:Selain Manfaatkan Waktu Luang untuk Ibadah Sunnah, Jemaah Haji Lampung Barat Rutin Cek Kesehatan

Dimana peserta pawai terlepas dari lapangan manunggal kemudian berkeliling dan kembali lagi ke titik awal. 

Sementara Camat Agus Hadi Purnama dalam sambutannya sebelum melepas peserta untuk berkeliling kecamatan dengan kendaraan yang didesain dengan berbagai bentuk unik seperti masjid, Kitab Suci Al-Quran dan lainnya.

Pihaknya mengapresiasi para guru ngaji untuk tampilkan hasil pendidikan masing-masing melalui TPA. 

"Kita semua merasa bangga dengan para guru ngaji yang telah berpartisipasi dalam merayakan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah 2024 ini," terangnya.

BACA JUGA:Ritual Hajat Bumi Sambut Tahun Baru Islam Pekon Purajaya Berlangsung Meriah

Sementara Ketua Panitia Idi Supriadi  mendampingi Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumber Jaya Ustad (Ust) Muhammad Nuh menyampaikan acara ini merupakan wadah dalam menampilkan kreativitas, kreasi dan inovasi yang difasilitasi  PHBI Sumber Jaya, dalam memperkuat tentang Akhlakul karimah, perilaku yang baik dengan guru orang tua dengan teman, tetangga dan negara. 

Dan melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi dalam peringatan Tahun Baru Islam tersebut, pihaknya berharap tahun berikutnya semakin meriah.  

Di tempat yang sama tokoh masyarakat Dede Tarmidi mantan anggota DPRD Lambar menyebutkan tujuan dari karnaval tersebut merupakan bentuk aplikasi perayaan tahun baru Islam.

"Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, kita sama-sama berdoa Kecamatan Sumber Jaya jadi wilayah yang gemah ripah loh jinawi," ungkapnya. 

BACA JUGA:Gelombang Dukungan Duet PM-MH Jilid 2 Pada Pilkada Lampung Barat Terus Mengalir

Kategori :