Ritual Hajat Bumi Sambut Tahun Baru Islam Pekon Purajaya Berlangsung Meriah

Ritual Hajat Bumi Sambut Tahun Baru Islam Pekon Purajaya Berlangsung Meriah

Camat Kebun Tebu dan Peratin Purajaya diarak dengan kesenian Singo Depok--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pergelaran Hajat Bumi yang dilaksanakan masyarakat bersama aparat Pekon Purajaya, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tradisi tahunan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram, yang dilaksanakan Sabtu 6 Juli 2024 berlangsung sukses dan penuh semarak dengan penampilan sejumlah kesenian tradisional

Dalam acara tersebut, dihadiri langsung Camat Kebun Tebu Ernawati, SE., yang diarak dengan seni budaya Singo Depok oleh masyarakat  bersama Peratin Samsu Kendar, S.Hut. mencerminkan masih tertatanya warisan budaya leluhur di pekon tersebut. 

Dimana rangkaian acara cukup padat, mulai pagi hari acara hiburan rakyat, kemudian siang hari acara arak-arakkan dilanjutkan penguburan tumbal kepala kambing di lapangan purajaya, sekaligus syukuran, dan malam hari setelah isya acara inti ruwatan. 

Dalam sambutannya Ernawati, memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah pekon dan masyarakat konsistensi menjaga warisan adat yang manfaatnya sangat besar bukan saja sarana dalam ibadah agar terhindar dari bala musibah dan senantiasa dilimpahkan rezeki yang barokah.

BACA JUGA:Gelombang Dukungan Duet PM-MH Jilid 2 Pada Pilkada Lampung Barat Terus Mengalir

Akan tetapi juga sebagai wadah silaturahmi dalam menjaga islam ukhuwaniah  dengan mempertebal keimanan.

"Harapan ibu camat agar budaya ini terus dilestarikan walaupun sekarang merupakan zaman modern. Karena dalam hakekatnya budaya tidak terpengaruh dengan zaman," imbuhnya.


Ritual Hajat Bumi Pekon Purajaya berlangsung meriah dengan penampilan berbagai kesenian tradisional sunda--

Sementara Peratin Samsu Kendar, S.Hut. menyampaikan ucapan terima kasih Kepada jajaran panitia Hajat Bumi, yang telah mempersiapkan mulai dari awal hingga selesainya pelaksanaan Ritual Hajat Bumi Pekon Purajaya Tahun 2024 yang bertepatan dengan pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah.

"Saya atas nama pemerintahan pekon Dan seluruh jajaran aparatur Pekon Purajaya. mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam, Semoga ditahun Baru Islam 1446 H, kita semua selalu diberikan kesehatan, kekuatan dalam menjalankan roda pemerintahan yang lebih baik lagi kedepannya," urai pihaknya.

BACA JUGA:Motor Pedagang Es Keliling Terbakar di Lokasi Acara Pengajian Warga Serengit

Lanjut Samsu Kendar pihak peko selalu mengayomi apa yang diinginkan warganya, termasuk menghidupkan  pesta rakyat Hajat Bumi.

"Saya tentunya senang melihat masyarakat yang hidupnya bertani, dan mereka ikut berbaur dengan warga lainnya dan mengucapkan syukur," katanya.

Menurutnya, hajat bumi ini adalah bagian budaya leluhur yang sekarang digelar oleh warga  dan warga sangat mendukung kegiatan tersebut, apalagi kegiatan ini memperlihatkan tidak adanya batasan antara kalangan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: