PDPI Lampung Maksimalkan Penanggulangan Penyakit Paru di Pesisir Barat

Rabu 07-06-2023,18:34 WIB
Reporter : Yogi Astrayuda
Editor : Budi Setiawan

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Lampung, melaksanakan road show ke Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dalam rangka pencapaian penanggulangan penyakit menular dan tidak menular pada paru dan pernapasan yang dilaksanakan di Aula UPTD Puskesmas Krui, Rabu 7 Juni 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan PDPI Lampung, dr. Diyan Ekawati, Sp.P(K), FAPSR dan dr.Luki Togihon, Sp.P, Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km., dokter dan penanggungjawab program penyakit paru dan pernapasan di Rumah Sakit dan Puskesmas se-Kabupaten Pesbar.

BACA JUGA:Pemkab Pesisir Barat Gelar Sosialisasi Program PPSP

Dalam kesempatan itu, dr. Diyan Ekawati, Sp.P(K), FAPSR mengatakan pembentukan dan perkembangan PDPI tidak terlepas dari perkembangan Pendidikan Dokter di Indonesia yang dimulai sejak zaman penjajahan Belanda.

“Di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ini, penanganan kasus paru harus bisa mencapai ke seluruh lini fasilitas kesehatan di Indonesia,” kata dia.

BACA JUGA:Imbau Datang Tepat Waktu, Pelepasan Jemaah Haji Akan Dipusatkan di Kantor Pemkab Pesisir Barat

Dikatakannya, kemudahan akses dokter spesialis paru di seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Pesbar dapat semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan akses pelayanan penyakit paru dan pernapasan.

“Keberadaan PDPI Cabang Lampung ikut serta membantu dalam menyediakan dan memfasilitasi lulusan dokter spesialis paru yang akan mengabdi di daerah khususnya di Kabupaten Pesbar atas usulan dari pemerintah daerah Kabupaten Pesbar,” terangnya.

BACA JUGA:Imbau Datang Tepat Waktu, Pelepasan Jemaah Haji Akan Dipusatkan di Kantor Pemkab Pesisir Barat

Dalam kesempatan yang sama, Kadiskes Pesbar Tedi Zadmiko menyampaikan, terdapat 4 jenis penyakit paru dan pernapasan yang masih mendominasi di Kabupaten Pesisir Barat.

Diantaranya Tuberkulosis (TBC), Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), asma, serta Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang juga masih patut diwaspadai terjadi di Kabupaten Pesbar.

BACA JUGA:Besok, Kelulusan Siswa SD-SMP di Lampung Barat akan Diumumkan

“Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan peserta dapat menambah pengetahuan tentang penyakit paru dan pernapasan dan dapat membangun sinergi antara profesi dan pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan penyakit menular dan tidak menular pada penyakit paru dan pernafasan di Kabupaten Pesbar,” ungkapnya singkat. (*)

 

Kategori :