Pemkab Pesisir Barat Gelar Sosialisasi Program PPSP

Pemkab Pesisir Barat Gelar Sosialisasi Program PPSP

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Derah (Bapelitbangda) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melakasanakan sosialisasi pertemuan awal program percepatan pembangunan sanitasi permukiman, yang dilaksanakan di Aula Sunset Beach, Kecamatan Pesisir Tengah Rabu 7 Juni 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Plt. Sekda Pesbar Drs. Jon Edwar, M.Pd., Kepala Bapelitbangda Syaifullah Amir, S.Pi., Kabid Kesmas Dinkes Pesbar Arfi Julizaar, S.Km., Camat, Kepala Puskesmas dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD).

BACA JUGA:Imbau Datang Tepat Waktu, Pelepasan Jemaah Haji Akan Dipusatkan di Kantor Pemkab Pesisir Barat

Dalam kesempatan itu, Jon Edwar mengatakan, percepatan pembangunan sanitasi permukiman, merupakan program pembangunan sanitasi terintegrasi dari pusat hingga ke daerah yang melibatkan seluruh pihak baik dari kalangan pemerintah maupun non pemerintah.

“Pertemuan awal ini merupakan langkah awal dari pelaksanaan program PPSP Kabupaten Pesbar tahun 2023 sekaligus tindak lanjut kegiatan serupa yang telah dilaksanakan oleh Pemprov Lampung April lalu,” kata dia.

BACA JUGA:Besok, Kelulusan Siswa SD-SMP di Lampung Barat akan Diumumkan

Dijelaskannya, berdasarkan data Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Lampung tahun 2022, mencatat akses sanitasi masyarakat di Kabupaten Pesbar mencapai 70,75 persen, dan jumlah pekon yang berstatus ODF mencapai 58 pekon.

“Pada tahun 2023 ini Dinkes Pesbar sedang melaksanakan Study Ehra untuk mengetahui gambaran terbaru kondisi fasilitas sanitasi dan perilaku masyarakat berisiko terhadap kesehatan lingkungan,” jelasnya.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Kotabumi Gelar Rapat Timpora di Pesisir Barat

Ditambahkannya, melalui kegiatan itu dirinya berharap semua pihak yang terlibat dalam program PPSP dapat melaksanakan tugas dengan maksimal, sehingga akses sanitasi masyarakat lebih baik.

“Kita perlu kerja keras untuk menciptakan sanitasi yang layak ditengah masyarakat, karena itu program PPSP ini harus kita laksanakan dengan maksimal,” pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: