Pj Gubernur, Samsudin Terima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2024 dari Kemendagri

Pj Gubernur, Samsudin Terima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2024 dari Kemendagri

Pj Gubernur Lampung, Samsudin saat menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2024 dari Mendagri Tito Karnavian --

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, menerima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2024 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, di Gedung Ksirarnawa, Komplek Art Center Bali, Denpasar, Bali, pada Selasa 8 Oktober 2024.

Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Provinsi Lampung berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.3.3.9-4215 Tahun 2024, atas keberhasilan mereka dalam membina desa dan kelurahan. 

Menurut Mendagri, penghargaan ini merupakan bagian dari mandat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Pada tahun 2024, Kemendagri menggelar Penjaringan Desa dan Kelurahan Berprestasi melalui Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional. 

BACA JUGA:Provinsi Lampung Raih Sertifikat Akreditasi A Program Pelatihan Teknis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

BACA JUGA:Jokowi Mulai Berkemas Jelang Akhir Masa Jabatan 20 Oktober 2024

Lomba ini menilai perkembangan desa dan kelurahan dalam aspek pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan, dengan penilaian berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga regional.

Dari hasil penjaringan tersebut, beberapa desa dan kelurahan di Lampung berhasil meraih prestasi yang membanggakan. 

Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, meraih Juara Pertama untuk kategori Kelurahan Tingkat Regional, sementara Desa Bumi Daya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, menempati Juara Ketiga untuk kategori Desa Tingkat Regional. 

Selain itu, Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, meraih Juara Kedua dalam kategori Desa Teladan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa.

BACA JUGA:KPU Lampung Bakal Gelar Tiga Kali Debat Kandidat Pilgub 2024

BACA JUGA:Manfaat dan Penggunaan Jantung Pisang: Nutrisi Tinggi, Baik untuk Kesehatan

Keberhasilan desa dan kelurahan di Lampung dalam ajang ini menunjukkan komitmen kuat Pemerintah Provinsi Lampung dalam memajukan desa dan kelurahan, dan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2024 menjadi bukti atas prestasi yang terus konsisten diraih oleh Lampung di tingkat nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: