Roy Suryo : 99,9 Persen Akun Fufufafa Adalah Milik Gibran

Roy Suryo : 99,9 Persen Akun Fufufafa Adalah Milik Gibran

Roy Suryo mengklaim bahwa dirinya yakin 99,9 persen akun tersebut memang milik Gibran dalam acara Indonesia Lawyers Club--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pakar telematika Roy Suryo meyakini bahwa akun KASKUS Fufufafa dimiliki oleh Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden terpilih sekaligus putra sulung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Akun Fufufafa tengah menjadi topik perbincangan hangat di media sosial, terutama setelah unggahan-unggahan lama dari akun tersebut kembali viral. 

Salah satu unggahan tersebut mengandung pernyataan negatif terhadap Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan keluarganya.

Spekulasi muncul bahwa akun Fufufafa dikelola oleh Gibran. Roy Suryo mengklaim bahwa dirinya yakin 99,9 persen akun tersebut memang milik Gibran. 

BACA JUGA:Pembangunan Rampung, Mall Pelayanan Publik Kota Bandar Lampung Diresmikan Hari Ini

Hal ini disampaikan Roy dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang dipandu oleh jurnalis senior, Karni Ilyas, dengan tema “Setelah Fufufafa, Bisakah Pelantikan Gibran Dibatalkan?”.

“Secara teknis, kita sisakan sedikit saja, tetapi 99,9 persen itu adalah betul Wakil Presiden terpilih,” ujar Roy Suryo dalam video yang diunggah di kanal YouTube Indonesia Lawyers Club, pada Kamis, 19 September 2024.

Dalam acara tersebut, Roy Suryo memaparkan teknik-teknik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi pemilik akun, seperti yang pernah dilakukan untuk akun di Kaskus. 

Ada dua pendekatan yang dapat digunakan: socio-specialized dan pure specialized.

BACA JUGA:Orang Terkaya di Indonesia Kehilangan Rp 180 Triliun dalam Sekejap

Melalui pendekatan socio-specialized, Roy menjelaskan bahwa bahasa atau frasa yang digunakan oleh seseorang dapat diperiksa konsistensinya dengan akun-akun lain yang sudah diketahui pemiliknya. 

Dalam hal ini, Roy mengamati cara menulis di akun Fufufafa yang mirip dengan gaya penulisan di akun media sosial Chili Pari, sebuah bisnis milik Gibran.

“Gaya menulis seseorang tidak pernah berubah. Ketika dia menuliskan kata 'yang' dengan singkatan 'yg', terlihat jelas bahwa gaya penulisan ini juga digunakan di akun Chili Pari,” ungkap Roy.

Selain itu, Roy juga menyebut adanya keterkaitan antara akun Fufufafa dengan akun yang diduga milik Gibran dan Kaesang Pangarep. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: