Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat Resmi Miliki Aplikasi SRIKANDI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat Resmi Miliki Aplikasi SRIKANDI

--

"Penerapan aplikasi Srikandi ini diharapkan  dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi  memori kolektif bangsa, karena melalui pengelolaan informasi secara digital  dapat terekam dan tersimpan dengan baik," kata Nukman. 

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Srikandi, Nukman berharap akan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dan jalannya birokrasi akan lebih efektif dan efisien, serta menyelamatkan arsip yang bernilai historis akan lebih mudah dilakukan sejak dini. 

Sesuai dengan peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintah berbasis elektronik. Peraturan arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2021 tentang pedoman penerapan sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi.

BACA JUGA:Putusan MK Buka Peluang Koalisi Non-Parlemen di Pilgub Lampung 2024

BACA JUGA:Proyek Jalan di Pekon Waspada Timbulkan Debu, Warga Desak Penyiraman Rutin

Tujuan penerapan aplikasi Srikandi adalah  agar pengelolaan arsip dapat dilaksanakan  secara digital dan terintegrasi, sehingga Pemerintah Daerah maupun kementerian dan  lembaga di Indonesia dapat tergabung dan terhubung dalam satu aplikasi kedinasan.

"Aplikasi Srikandi ini adalah perwujudan inovasi transformasi digital yang akan  mengubah pengarsipan di Kabupaten Lampung Barat sistem untuk lebih efisien dan efektif," ungkapnya. 

Sementara, Direktur Kearsipan Daerah II Wawan menjelaskan menjaga kearsipan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya menjadi tanggung jawab perpustakaan semata. 

"Dengan penyelenggaraan kearsipan dapat menjaga bentuk perlindungan kepentingan negara, baik kepentingan Kabupaten Lampung Barat maupun Negara Indonesia," tuturnya. 

BACA JUGA:27 KPM Pekon Giham Sukamaju Terima BLT-DD Periode Juni sampai Agustus

BACA JUGA:Harga Jual Kopi Kembali Merangkak Naik, Sekarang Sentuh Rp63.000

Wawan berpesan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat agar memastikan bahwa terjamin ketersediaan arsip yang otentik sesuai dengan peristiwa yang terjadi dengan tujuan melahirkan informasi yang akurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: