Harga Jual Kopi Kembali Merangkak Naik, Sekarang Sentuh Rp63.000

Harga Jual Kopi Kembali Merangkak Naik, Sekarang Sentuh Rp63.000

Ilustrasi biji kopi-KLING AI Image Generator-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Setelah Juli lalu, petani kopi Lampung Barat dibuat lesu lantaran harga kopi anjlok bahkan sempat jatuh hingga Rp50.000 per kilogram. 

Sejak masuk pertengahan Agustus 2024 harga kopi mulai kembali mengalami kenaikan. Dan sekarang berkisar antara Rp61.000-Rp63.000/kg.

Epril, salah satu petani Kecamatan Belalau mengatakan, dengan harga jual yang sekarang tengah mengalami kenaikan kembali. 

Dirinya langsung memanfaatkan kondisi dengan melakukan penjualan. 

BACA JUGA:Kapolres Lampung Utara Lepas 8 Personel Purna Tugas

BACA JUGA:Bahlil Bakal Dilantik Sebagai Ketua Umum di Munas XI Partai Golkar

“Saya sengaja menjual dengan harga Rp61.000/kg, meskipun saya masih optimis akan ada kenaikan lagi. Namun saya memilih menjual karena naik turunnya harga kopi ini sulit ditentukan. Sehingga lebih baik saya terkejut karena ada kenaikan daripada terkejut karena terjadi penurunan," katanya.

Salah satu Agen Kopi di Pekon Way Petai, Kecamatan Sumber Jaya, mengatakan harga tertinggi biji kopi kering kualitas baik hingga Selasa 20 Agustus 2024 mencapai Rp63.000/kg. 

"Kenaikan kopi terjadi dalam kurun dua pekan ini secara perlahan. Sehingga keadaan ini dimanfaatkan banyak warga untuk melakukan penjualan kopi dan kami juga merasa percaya dalam pengambilan karena melihat trend harga yang terus melonjak," ungkapnya. 

Pihaknya menegaskan, untuk mengetahui trend naik turunnya harga kopi dan ini lebih mudah karena dapat dilakukan secara online sehingga berapa persen kenaikan basis kopi dapat terpantau dalam setiap saatnya. 

BACA JUGA:Polda Lampung Berikan Pelatihan Kepada Personil dan Asn Polri yang Memasuki Massa Pensiun

BACA JUGA:Pemerintah Pekon Way Petai Mediasi Penutupan Jalan PLTMH Way Besai

"Kopi yang kami terima dari petani juga kualitasnya cukup bagus terutama kadar air hal ini juga dipengaruhi dengan cuaca yang tengah kemarau. Dan harapan agar kualitas kopi tetap mampu terjaga karena masalah ini juga dapat menentukan tinggi rendahnya harga jual," pesannya. 

Sekedar diketahui masa panen kopi di kabupaten Lampung Barat, untuk wilayah timur sekarang ini sedang masa puncaknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: