Pj Gubernur Samsudin Apresiasi Terpilihnya Busana Adat Lampung Terbaik HUT RI ke-79 di IKN

Pj Gubernur Samsudin Apresiasi Terpilihnya Busana Adat Lampung Terbaik HUT RI ke-79 di IKN

Busana adat Lampung dalam peringatan HUT RI ke-79 di IKN, poto dok Youtube Sekretariat Presiden--

MEDIALAMPUNG.CO.ID  - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu 17 Agustus 2024, menjadi momen istimewa bagi masyarakat Lampung. 

Pada peringatan tersebut, pakaian adat Lampung meraih pengakuan sebagai salah satu dari tujuh pemenang dalam kategori busana adat terbaik.

Melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, terungkap bahwa proses penilaian busana adat dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Sekretariat Presiden. 

Penilaian ini mempertimbangkan penggunaan elemen tradisional yang diadaptasi secara segar dan relevan, serta selaras dengan tren kontemporer, menggabungkan bahan tradisional dan modern secara efektif.

BACA JUGA:33 Anggota Paskibraka Upacara HUT RI ke-79 di Kota Baru Terima Penghargaan dari Pj Gubernur Samsudin

BACA JUGA:Emir Lil Ardi Akan Pimpin Ketua Sementara, 25 Anggota DPRD Pesisir Barat Dilantik Senin

Pemenang dalam kategori busana adat terbaik ini termasuk tamu undangan seperti Dona Chandra Ginting, Muaipah Yuliana, Abi Manyu Arlindiato, Lilis Suriani, Edi Sofyan, Uswatun Hasanah, dan Ibu Lanyala Mataliti.

Di antara ketujuh pemenang tersebut, dua di antaranya, yaitu Abi Manyu Arlindiato dan drg. Uswatun Hasanah, mengenakan pakaian adat asal Lampung, yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Lampung. 

Uswatun mengungkapkan bahwa pilihannya untuk mengenakan pakaian adat Lampung terinspirasi oleh Presiden Joko Widodo yang mengenakan pakaian adat yang sama pada HUT RI ke-77.

Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin, mengapresiasi terpilihnya busana adat Lampung sebagai salah satu busana adat terbaik dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi di IKN. 

BACA JUGA:Diduga Akibat Korsleting Listrik, Kantor Kemenag Bandar Lampung Hangus Terbakar

BACA JUGA:Kado HUT RI ke-79, PLN Nyalakan 39 Sambungan Listrik Gratis Keluarga Prasejahtera di Lampung

Samsudin juga memberikan apresiasi tinggi kepada para peserta kontes busana adat yang telah memilih untuk mengenakan busana adat Lampung.

"Busana adat Lampung bukan sekadar pakaian, melainkan lambang identitas dan kebanggaan masyarakat kita. Saya sangat bangga melihat busana adat Lampung diakui sebagai yang terbaik. Mari kita tingkatkan kecintaan dan kebanggaan kita terhadap busana adat Lampung," ungkap Pj Gubernur Samsudin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: