KAI Divre IV Tanjung Karang Angkut 13,7 Juta Ton Barang Selama Semester I 2024

KAI Divre IV Tanjung Karang Angkut 13,7 Juta Ton Barang Selama Semester I 2024

Plt. Executive Vice President KAI Divre IV Tanjung Karang Mohamad Ramdany--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjung Karang mencatat telah mengangkut 13.757.590,592 Ton barang pada semester I Tahun 2024.

Angka tersebut meningkat 11,8% dibandingkan pada tahun 2023 dengan periode yang sama yaitu sebanyak 12.307.410 Ton. Peningkatan juga terjadi pada angkutan penumpang di wilayah KAI Divre IV Tanjung Karang.

Pada tahun 2024 semester I, KAI Divre IV Tanjung Karang telah berhasil mengantarkan penumpang sebanyak 532.177 atau naik 19,9% dibandingkan periode yang sama di tahun 2023 sebanyak 443.821 penumpang. 

“Terdapat peningkatan sebanyak 88.356 penumpang selama semester I di tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama. Hal tersebut menunjukan adanya permintaan masyarakat yang tinggi akan layanan kereta api di wilayah KAI Divre IV Tanjung Karang,” ungkap Plt. Executive Vice President KAI Divre IV Tanjungkarang Mohamad Ramdany.

BACA JUGA:Belum Dapat Surat Izin, Disperkim Bandar Lampung Hentikan Penggalian Kabel FO Milik Telkom

Ramdany juga menjelaskan saat ini komoditi barang yang diangkut KAI Divre IV Tanjung Karang antara lain batu bara, semen pallet, semen curah, BBM, dan bahan baku kertas.

“Batu bara masih mendominasi angkutan barang dengan kereta api di wilayah KAI Divre IV Tanjung Karang. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan pasokan batubara untuk Pulau Jawa dan Bali masih sangat tinggi, mengingat pembangkit listrik di sana kebanyakan masih menggunakan bahan bakar utama batu bara,” ungkap Ramdany. 

Ramdany juga menegaskan peningkatan angkutan terjadi dikarenakan komitmen jajarannya untuk tetap fokus terhadap kelancaran perjalanan kereta api baik angkutan barang maupun penumpang di wilayah KAI Divre IV Tanjung Karang. 

“Keselamatan perjalanan kereta api merupakan kunci dan hal paling utama yang harus kami jaga. Upaya menjaga keselamatan perjalanan kereta api, KAI Divre IV Tanjung Karang terus kami lakukan dengan menjaga agar sarana dan prasarana kereta api tetap aman dengan rutin melakukan perawatan, pengecekan dan perbaikan secara berkala. Selain itu, dari segi SDM kami juga rutin memberikan pelatihan-pelatihan untuk menambah pengetahuan serta skill khusus sesuai bidang pekerjaan,”sambung Ramdany.

 BACA JUGA:Segera Cek SIKS-NG..!! Saldo Masuk Rp 400 Ribu di KKS Hari Ini

Selain dari menjaga keselamatan perjalanan kereta api, Ia juga menjelaskan peningkatan angkutan juga disebabkan atas berbagai inovasi yang dilakukan KAI Divre IV Tanjung Karang. 

“Kami melakukan berbagai inovasi dengan tetap menjalin kolaborasi bersama stakeholder baik pemerintah maupun swasta sebagai upaya peningkatan layanan perkeretaapian di wilayah KAI Divre IV Tanjung Karang. Kami mengupayakan penambahan kereta pada rangkaian KA Rajabasa dan KA Kuala Stabas pada momen-momen tertentu seperti libur panjang Natal dan Tahun Baru serta Lebaran. Hal tersebut tentunya menjadi tambahan kinerja atas capaian volume angkutan penumpang di wilayah KAI Divre IV Tanjung Karang,”tambah Ramdany.  

Ramdany juga menyampaikan komitmen jajarannya untuk terus meningkatkan layanan dan efisiensi guna memberikan manfaat yang besar dalam mendukung mobilitas angkutan barang dan penumpang di wilayah KAI Divre IV Tanjung Karang. Ia menjelaskan, hal tersebut juga sebagai dukungan terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi dari sisi logistik di Pulau Sumatera bagian selatan. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder baik media, pelanggan dan pihak lain nya yang terus mendukung kemajuan KAI. Semoga dengan kolaborasi ini, kita semua dapat terus meningkatkan kebermanfaatan kereta api sebagai solusi ekosistem transportasi terbaik bagi kemajuan perekonomian Indonesia,” tutup Ramdany.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: