Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo Sebut Tiga Ibadah Utama di Hari Raya Idul Adha

Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo Sebut Tiga Ibadah Utama di Hari Raya Idul Adha

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo bertindak sebagai khotib dalam dalam pelaksanaan solat Idul Adha yang digelar di lapang Saburai, Enggal, Bandar Lampung, Senin 17 Juni 2024.

Dalam solat Idul Adha ini hadir Pelaksana tugas harian (Plh) Gubernur Lampung Fahrizal Darminto, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay beserta Forkopimda dan ratusan masyarakat.

Dalam khutbahnya Puji menjelaskan bahwa setiap Hari Raya Idul Adha umat Islam tidak bisa lepas dengan tiga ibadah utama yang mampu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Ketiga ibadah tersebut adalah Shalat Id, Kurban, dan Haji.

BACA JUGA:Plh Gubernur dan Ketua DPRD Lampung Sholat Idul Adha di Lapangan Saburai, Puji Raharjo Sebagai Khotib

"Selain memperkuat ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, ketiga ibadah ini juga mengandung nilai-nilai dan hikmah yang dapat membentuk pribadi yang lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah," ungkapnya. 

Lanjutnya, salah satu nilai penting tersebut adalah tawakal, yaitu kepasrahan total kepada Allah SWT.

"Dalam sholat Id kita fokus dan menyerahkan hidup dan mati kita hanya kepada Allah Subhanahuwata'ala,"ungkapnya.

Lanjutnya, nilai-nilai kepasraan ini juga harus kita teruskan di luar sholat dan dalam setiap Aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

BACA JUGA:Tim Keswan Temukan Temukan Sapi Kurban yang Terjangkit Cacing Hati

"Tentunya juga harus ikhtiar atau usaha bukan hanya Paskah begitu saja jika kita sudah berusaha dan pasrah pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka Yakinlah Allah akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita,"ungkapnya. 

"Berkurban selain memiliki dimensi vertikal yakni semakin mendekatkan diri kepada Allah. Kurban juga memiliki dimensi sosial yakni berbagi rezeki dengan orang lain," pungkasnya .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: