Buka Lampung Craft, Gubernur Arinal Dukung Penuh UMKM Lokal Tingkatkan Daya Saing

Buka Lampung Craft, Gubernur Arinal Dukung Penuh UMKM Lokal Tingkatkan Daya Saing

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Lampung Craft tahun 2024 resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal di  Gedung Graha Wangsa, Bandar Lampung, Selasa 7 Mei 2024.

Adapun Pameran Lampung Craft  yang ke-5 ini mengusung tema pesona keindahan Lampung Timur (The Aesthetic of East Lampung). 

Tema ini merupakan upaya peningkatan daya saing UMKM dan mendukung perkembangan industri kerajinan di Provinsi Lampung.

Lampung Craft 2024 ini akan berlangsung selama lima hari yaitu mulai tanggal 7 hingga 11 Mei 2024 dengan diikuti oleh 42 Stan.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri

Selain penampilan Kabupaten Lampung Timur, kita akan menyaksikan keanekaragaman produk wastra dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung serta produk unggul lainnya yang diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung.

Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi terselenggaranya ajang promosi kerajinan terbesar dan terlengkap di Provinsi Lampung ini. 

Ia berharap dapat mendorong  pembangunan ekonomi kreatif sekaligus menjaga dan mengembangkan adat-istiadat sebagai warisan budaya Lampung yang dibanggakan masyarakat Lampung.

"Pameran Lampung Craft 2024 bukan saja sekadar ajang pameran tetapi sebagai wadah bagi para pengrajin untuk mempromosikan produk unggulannya, memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan penjualan. Selain itu, sebagai sarana edukasi kepada masyarakat Lampung agar lebih mencintai dan membeli produk-produk daerahnya sendiri," kata Arinal.

BACA JUGA:677.957 Petani Ditetapkan Pemprov Lampung sebagai Penerima Pupuk Subsidi

Ia juga mengtakan bahwa pertumbuhan UMKM di Provinsi Lampung terus meningkat. 

Jumlah UMKM di Provinsi Lampung pada tahun 2023 berdasarkan data Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) Kementerian Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah RI mencapai 492.986 unit usaha yang terdiri dari usaha mikro, kecil dan menengah. 

Meningkatnya peran UMKM pada perekonomian daerah menunjukkan bahwa pengembangan UMKM adalah salah satu sektor yang penting untuk didorong dan dipertahankan agar pertumbuhan ekonomi tetap tinggi.

"Oleh karena itu, UMKM perlu didorong untuk naik kelas dan semakin modern dalam rangka memberikan kontribusi yang lebih baik lagi bagi perekonomian daerah," kata Arinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: