BPS Gelar FGD Penyusunan Publikasi Pesisir Barat Dalam Angka Tahun 2024

BPS Gelar FGD Penyusunan Publikasi Pesisir Barat Dalam Angka Tahun 2024

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Barat (Lambar), melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pembinaan statistik sektoral dan penyusunan publikasi Kabupaten Pesisir Barat dalam angka tahun 2024. 

Kegiatan itu dipusatkan di ruang rapat Sekda, Lantai 3 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab setempat, Selasa 30 April 2024.

Hadir dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Setdakab Pesbar, Yurni Dewi, Kepala BPS Lambar, Ir.Nasrullah Arsyad, M.M., serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat.

Staf Ahli Bupati Pesbar, Yurni Dewi, mewakili bupati setempat dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh BPS itu cukup penting, terutama dalam rangka menghasilkan publikasi Pesbar dalam angka yang lengkap dan update sesuai dengan kebutuhan perencanaan dan pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat.

BACA JUGA:Tak Ada Perpanjangan Masa Pendaftaran, 284 Pendaftar PPK Pilkada Lampung Barat 2024 Melaju ke Seleksi Berkas

“Terlebih data itu juga memegang peranan yang sangat vital dalam proses perumusan kebijakan Kabupaten Pesbar,” katanya.

Dijelaskannya, data statistik juga menjadi pondasi yang tidak tergantikan dalam memahami kondisi masyarakat, mengidentifikasi problem dan opportunity, hingga merancang kebijakan. Sehingga menjadi program yang tepat guna. 

Dengan data statistik yang akurat, dapat dipastikan bahwa kebijakan yang diambil memiliki dasar yang kuat dan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. 

Penyusunan publikasi Pesbar dalam angka selama ini menjadi rujukan penting.

BACA JUGA:Pimpin Rakor Kecamatan dan Lokmin, Camat Way Tenong Instruksikan Ronda Malam

“Tidak saja untuk mendapatkan gambaran sejauh mana kinerja pembangunan di berbagai sektor telah dicapai, namun juga menjadi acuan dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pesbar ke depan,” jelasnya.

Mengingat, lanjutnya, kebutuhan terhadap data yang lengkap dan berkualitas, kini semakin meningkat dan penggunaan data dalam pengambilan setiap kebijakan (evidence based policy) dewasa ini juga semakin dinilai sangat penting dan menjadi tuntutan.

Maka kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan forum strategis untuk berdiskusi secara intensif dan komprehensif untuk lebih melengkapi dan menyempurnakan publikasi Pesbar dalam angka kedepan yang secara rutin dirilis oleh BPS Lambar pada akhir Februari di setiap tahunnya.

“Pemkab Pesbar juga berharap melalui kegiatan ini, para peserta yang mewakili masing-masing OPD dapat proaktif dalam mencermati data sektoralnya masing-masing yang sudah tertuang pada publikasi Pesibar dalam angka 2024,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: