Selama Arus Mudik Lebaran, Ruas Jalinbar Pesisir Barat Masih Bisa Dilintasi Angkutan Barang

Selama Arus Mudik Lebaran, Ruas Jalinbar Pesisir Barat Masih Bisa Dilintasi Angkutan Barang

Ilustrasi-AI Image Generator-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kendaraan angkutan barang, selama arus mudik maupun arus balik lebaran yang masih berlangsung, tetap bisa melintasi ruas Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), terutama dari arah Bengkulu-Krui, dan Krui-Tanggamus, maupun sebaliknya.

Sedangkan, untuk kendaraan angkutan barang terutama kendaran besar dari arah Krui-Liwa dan sebaliknya telah dilarang melintas karena ada kerusakan jalan di lokasi longsor Kilometer 17 atau 257-14 di ruas jalan Liwa-Krui.

Kabid Lalulintas dan Angkutan, Ronal Erwanda, S.E., mendampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Pesbar, Ariswandi, S.Sos, M.P., mengatakan, untuk ruas jalinbar yang melintasi wilayah Kabupaten Pesbar, selama memasuki arus mudik dan arus balik lebaran itu tidak ada pembatasan bagi kendaraan angkutan barang. Sedangkan, untuk ruas jalinbar itu terdapat pembatasan kendaraan angkutan barang.

“Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Perhubungan, Menteri PUPR dan Kapolri. Memang ada pembatasan angkutan barang mulai dari 5-16 April 2024,” katanya.

BACA JUGA:Peserta Didik Lulus Seleksi PTN di SMAN 1 Pesisir Selatan Jadi 46 Siswa

Dikatakannya, pembatasan kendaraan angkutan jalan itu yakni hanya untuk di ruas Tol (Lampung-Sumatera Selatan) dan Ruas Non Tol (Jambi-Sumatera Selatan-Lampung). 

Sedangkan, untuk di ruas jalinbar salah satunya yang melalui Kabupaten Pesbar tetap bisa dilintasi kendaraan angkutan barang selama arus mudik dan arus balik lebaran. Artinya, tidak ada pembatasan kendaraan angkutan barang.

“Kita juga tetap mengimbau pengendara angkutan barang yang melintas di ruas jalinbar di Kabupaten Pesbar ini untuk mematuhi aturan yang berlaku,” jelasnya.

Sementara itu, masih kata dia, untuk situasi kondisi arus mudik saat ini di ruas jalinbar Kabupaten Pesbar tersebut meski terpantau mulai ramai, namun juga masih stagnan, atau hanya ramai sewaktu-waktu saja banyak kendaran khususnya pemudik yang melintas tersebut, dan masih didominasi kendaraan sepeda motor, serta sebagian besar juga ada pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat. 

BACA JUGA:Pencarian Korban Hanyut di BNS Lampung Barat, Tim Gabungan Sisir Sungai Sejauh 5 Km dengan 3 Perahu

Harusnya, pemudik diperkirakan mulai ramai hari ini karena bertepatan dengan dimulainya cuti dan juga libur sekolah.

“Saat ini masih terpantau belum seberapa ramai. Kita tetap mengingatkan pemudik untuk dapat memanfaatkan Pospam dan Posyan di Pesbar ini untuk beristirahat,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: