Peserta Didik Lulus Seleksi PTN di SMAN 1 Pesisir Selatan Jadi 46 Siswa

Peserta Didik Lulus Seleksi PTN di SMAN 1 Pesisir Selatan Jadi 46 Siswa

Kepala SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria, S.Pd, M.Pd--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Peserta didik di SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang dinyatakan lulus seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) bertambah menjadi 32 siswa yang sebelumnya terdapat 29 siswa.

Sementara siswa yang lulus melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) ada 14 siswa. 

Sehingga jumlah peserta didik di SMAN 1 Pesisir Selatan yang lulus masuk PTN melalui jalur SNBP dan SPAN-PTKIN tahun 2024 itu berjumlah 46 orang siswa.

Kepala SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria, S.Pd, M.Pd., mengatakan, peserta didik yang dinyatakan lulus masuk PTN melalui jalur SNBP tahun 2024 itu terdapat 29 peserta didik, yakni di Universitas Lampung (Unila) 11 peserta didik, Institut Teknologi Sumatera (Itera) 12 peserta didik. 

BACA JUGA:Pencarian Korban Hanyut di BNS Lampung Barat, Tim Gabungan Sisir Sungai Sejauh 5 Km dengan 3 Perahu

Kemudian, Politeknik Negeri Lampung, dan Universitas Bengkulu masing-masing terdapat dua peserta didik. Selanjutnya, UIN Raden Intan Lampung dan UPN Veteran Yogyakarta masing-masing terdapat satu peserta didik.

“Tapi, karena ada revisi dari PTN maka peserta didik yang lulus PTN melalui jalur SNBP itu bertambah tiga orang siswa yakni di UPN Veteran Jakarta, sehingga jumlah semua siswa yang lulus melalui jalur SNBP itu ada 32 orang siswa,” katanya.

Sementara itu, untuk peserta didik yang lulus PTN melalui jalur SPAN-PTKIN berjumlah 14 orang siswa, yakni di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN Raden Fatah Palembang, masing-masing terdapat dua peserta didik, serta UIN Raden Intan Lampung sebanyak 10 peserta didik. 

Semua peserta didik itu dengan jurusan seperti studi islam, pendidikan matematika, psikologi islam, sistem informasi, komunikasi dan penyiaran islam.

BACA JUGA:Pj Bupati Nukman dan Dandim Tinjau Lokasi Banjir di BNS Lampung Barat

“Selain itu jurusan pendidikan bahasa inggris, pendidikan biologi, hukum tata negara, perbankan syariah, hukum keluarga islam, ekonomi syariah dan jurusan pendidikan agama islam,” jelasnya.

Sedangkan, masih kata dia, untuk peserta didik melalui jalur SNBP itu dengan jurusan seperti kedokteran, keperawatan, teknik informatika, arsitektur, budaya perairan, ilmu kelautan, kehutanan, kimia, pendidikan ekonomi dan pendidikan tari. 

Selain itu, jurusan peternakan, PJOK, teknik pertanian, farmasi, teknik biomedis, teknik industri, teknik telekomunikasi, teknologi pangan, teknik lingkungan, perjalanan wisata, manajemen informatika, serta sistem informasi dan kebidanan.

“Kita berharap terhadap seluruh peserta didik yang lulus PTN baik melalui jalur SNBP maupun SPAN-PTKIN tahun 2024 itu bisa mengikuti pendidikannya dengan maksimal dan lebih baik lagi sampai selesai. Sehingga kedepan mampu memberikan manfaat untuk masyarakat dan daerah,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: