Pemprov Lampung Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024

Pemprov Lampung Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024

--

BACA JUGA:Gubernur Arinal dan Kajati Lampung Tandatangani MoU Meningkatkan Pencegahan Pelanggaran Hukum

Dalam paparan tersebut, disampaikan bahwa secara nasional,jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH pada minggu ke-4 Maret naik dibandingkan pada Februari2024.

Kenaikan IPH Maret yang lebih tinggi dibanding Februari 2024 menunjukkan harga pangan strategis masih lebih tinggi di Maret 2024.

Namun demikian, jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH pada minggu ke-4 Maret berkurang dibanding minggu ke-3 Maret.

Adapun di Pulau Sumatera, komoditas penyumbang utama IPH minggu ke-4 Maret Tahun 2024 adalah cabai merah, daging ayamras, dan beras. 

Di Pulau Jawa,komoditas penyumbang utamanya adalah daging ayamras, telur ayam ras, dan beras.

BACA JUGA:KPU-Bawaslu Lampung Barat akan Terima Dana Hibah Rp21,830 Miliar, Ini Rinciannya!

Sedangkan, diluar Pulau Jawa dan Sumatera komoditas penyumbang utamanya adalah daging ayamras, beras, dan cabai rawit.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, turut menyampaikan bahwa memasuki hari ke-21 Bulan Ramadan ini harga-harga cenderung turun. 

Hal ini sebagaimana yang telah disampaikan oleh PLTBPS dan pantauannya setiap hari ke pasarterutama di Jawa, Bali, dan Sumatera.

Untuk itu,la berterimakasih kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Tiga Parpol Ajukan Pencairan Bantuan Keuangan Parpol

"Ada beberapa yang masih harganya cukup tinggi, tapi saya kira sebagian besar terutama Jawa dan Sumatera, harga-harga sudah mulai terkendali karena produksinya juga meningkat.Tadi Pak Mentan juga sudah memaparkan kepada kita, jagung produksinya berlebih,bahkan harga sekarang cenderung turun. Beras juga produksinya beberapa bulan ini juga tinggidi atas kebutuhan, sehingga juga di beberapa daerah harga sudah mulai turun," jelasnya.

Mendukung paparan Plt. Kepala Badan Pusat Statistik dan Menteri Perdagangan RI, InspekturJenderal Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir Balaw, turut menyampaikan bahwa 3 komoditas teratas yang mengalami kenaikan adalah telur ayam ras di 297 daerah Kabupaten/Kota, bawang putih di 273 daerah Kabupaten/Kota, dan minyak goreng di 267 daerah Kabupaten/Kota.

Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri juga mengimbau terkait langkah-langkah menjaga ketersediaan keterjangkauan harga didaerah pada Bulan Puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, yaitu mengintensifkan pemantauan dan sinergi pengawasan, mengintensifkan optimalisasiintervensi pasar, memastikan ketersediaan stokdan pasokan komoditas pangan, memastikan kelancaran distribusi pasokan pangan,peninjauan dan koordinasi penetapan kebijakan tarif daerah, serta penjelasan kepada masyarakat terkait ketersediaan bahan pokok.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: