Bahas Persiapan Idul Fitri, Kemenag Lampung Barat Ikuti Rapat Lintas Sektoral

Bahas Persiapan Idul Fitri, Kemenag Lampung Barat Ikuti Rapat Lintas Sektoral

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID  - Dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Barat H. Miftahus Surur, S.Ag.,M.Si menghadiri Rapat koordinasi (rakor) Lintas Sektoral terkait ketersediaan pangan dan kesiapan Poskotis. 

Tampak hadir Pj. Bupati Nukman, MM, Forkopimda, para Kepala Dinas, Ketua FKUB, dan para Camat di Ruang Rapat Pesagi Lingkup Pemda Kabupaten Lampung Barat pada Selasa, 26 Maret 2024.

Rakor tersebut digelar dalam rangka kesiapan Pemerintah Daerah dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Pj Bupati Lampung Barat menuturkan di bulan April 2024 ini umat Islam memiliki hajat berupa perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah. 

BACA JUGA:Semarakkan Ramadhan, TP PKK Kabupaten Lampung Barat Berbagi Takjil

Maka ia mengajak semua unsur penting di Kabupaten Lampung Barat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas lingkungan.

“Maka dengan ini saya meminta kepada semua pihak yang terlibat agar dapat melakukan persiapan, strategi dan koordinasi untuk pengamanan Idul Fitri dengan maksimal agar lebih baik dari tahun sebelumnya," ungkap Nukman.

Ditempat yang sama, Kasubbag TU Miftahus Surur mengatakan bahwa terdapat beberapa poin penting yang harus disampaikan jelang Hari Raya Idul Fitri. 

Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi segala sesuatu pada hari yang telah ditentukan. 

BACA JUGA:Farah Nuriza Amelia Minta Bawaslu Awasi Larangan Mutasi ASN

“Pertama, terkait penetapan 1 Syawal ya kita harus menunggu keputusan resmi dari Pemerintah. Pelaksanaan shalat Idul Fitri juga dipersilahkan untuk dilakukan dimanapun, seperti mushola, masjid, atau lapangan. Kedua, untuk khutbah Idul Fitri, kami himbau kepada seluruh pengurus masjid agar menghadirkan penceramah yang moderat, agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat," jelasnya. 

Selain itu, rapat juga memberikan gambaran Dinas tentang ketersediaan pangan, BBM, Koperasi UKM dan komoditi lainnya. 

Ia berharap agar semua pihak terus berupaya melaksanakan koordinasi dan sinergi dengan pemangku kepentingan untuk menjaga kestabilan dan mewujudkan  perayaan hari Raya Idul Fitri yang aman dan tertib.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: