Festival Ramadhan 2024, Kantor Kemenag Lampung Barat Distribusikan 500 Paket Zakat

Festival Ramadhan 2024, Kantor Kemenag Lampung Barat Distribusikan 500 Paket Zakat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hari ini Jumat 22 Maret 2024 bertepatan dengan 11 Ramadhan 1445 Hijriyah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Barat mendistribusikan sebanyak 500 paket zakat berupa sembako bertempat di Aula Kantor setempat.

"Kegiatan ini serentak dilaksanakan se Indonesia dalam rangka peningkatan partisipasi umat islam dalam berzakat dan kampanye bersama penyaluran dana zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya kepada mustahik di bulan ramadhan," ungkap Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kemenag Linda Susilawati, S.Ag, M.Ag mendampingi Kepala Kemenag Lampung Barat Drs. Muhammad Yusuf, Jumat 22 Maret 2024.

Dijelaskannya, Kegiatan festival Ramadhan ini merupakan Program Kementerian Agama RI yang merupakan program kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Agama, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam pemberian bantuan secara serentak dan ditayangkan secara langsung.

Linda Susilawati mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kekuatan kelembagaan dan ekosistem zakat, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat. 

BACA JUGA:Pelaku Curanmor di Pesisir Barat Dibekuk, Rusak Stop Kontak Dengan Gunting

Serta bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas antar lembaga zakat dan keempat meningkatkan dampak zakat bagi peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. 

"Penyaluran bantuan paket zakat berupa sembako ini dilaksanakan secara serentak dan akan dicatat dalam rekor Muri Indonesia, Kantor Kementerian Agama Lampung Barat ikut andil  di program ini dengan membagikan 500 paket zakat berupa sembako," tegas dia.

"Kegiatan ini melibatkan ibu-ibu Dharma Wanita (DW) Kantor Kemenag. Jadi sebelum acara penyerahan secara serentak, kita di Kantor Kemenag ini juga mengadakan khatam quran secara bersamaan di Musholla yang ada di komplek kantor," sambungnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Dirjen Bimas Kemenag RI Nomor: B-270/Dt.III.IV/HM.01/2/2024 tanggal 1 Februari 2024, yaitu tentang "Festival Ramadhan" sebagai bagian dari upaya syiar dan semarak Ramadhan.

BACA JUGA:Dewan Soroti Dugaan Kecurangan Pemilu

"Kegiatan Festival Ramadhan 2024 di mulai hari ini, serentak se Indonesia. Untuk penyerahan bingkisan sembako secara simbolis di seluruh provinsi akan dilaksanakan via zoom, dilanjutkan dengan dialog dengan perwakilan dari daerah, kemudian pencatatan dan pengumuman Rekor Muri dan nanti diakhiri dengan buka puasa bersama," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: