Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag Pesisir Barat Akan Pantau Hilal di Pantai Labuhan Jukung

Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag Pesisir Barat Akan Pantau Hilal di Pantai Labuhan Jukung

Ilustrasi Pemantauan Hilal-AI Image Generator-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024, di Pantai Labuhan Jukung, Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, bersama tim Badan Hisab Rukyat (BHR) pada Minggu 10 Maret 2024.

Kasi Bimas Islam, Irhamsyah, S.Th.I, M.H.I., mendampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pesbar, Hi.Helmi, S.Ag, S.Pd, M.M., mengatakan bahwa, dalam pemantauan hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1445 H, salah satu titik lokasi yang ditetapkan oleh Kemenag Republik Indonesia (RI) di Provinsi Lampung ini yakni di Pantai Labuhan Jukung, Kabupaten Pesbar.

"Untuk di Provinsi Lampung ini ada tiga titik lokasi pemantauan hilal, salah satunya di Pantai Labuhan Jukung, sedangkan dua lokasi lainnya yakni di POB Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda, Lampung Selatan dan Kampus ITERA, Jati Agung, Lampung Selatan," kata Irhamsyah.

Dijelaskannya, dalam pemantauan hilal di Kabupaten Pesbar ini dilaksanakan oleh tim BHR Kemenag Pesbar, dan Kemenag Pesbar tentu menyambut baik dan senang jika ada organisasi atau lembaga lain yang ingin bergabung bersama dengan tim BHR Kemenag Pesbar untuk melakukan pemantauan hilal penentuan awal Ramadhan 1445 H di Pantai Labuhan Jukung tersebut. 

BACA JUGA:Akses Jalan Tersendat, Puluhan Rumah di Negeri Ratu Ngambur Terdampak Banjir

BACA JUGA:Ratu Kepaksian Belunguh Ini Berpotensi Menjadi 'Kuda Hitam' di Pilkada Lampung Barat 2024

Pihaknya berharap agar dalam pemantauan hilal nanti dapat berjalan lancar, begitu juga dengan kondisi cuaca mudah-mudahan tidak ada kendala.

"Rencana untuk persiapan pemantauan hilal itu sekitar pukul 16.00 WIB, atau ba'da ashar, kita sudah berada di lokasi pantauan," jelasnya.

Masih kata dia, dalam melakukan pemantauan hilal tersebut tentunya dengan menggunakan peralatan khusus yakni teleskop. 

Dari hasil pantauan hilal nanti tentu  akan disampaikan ke kantor wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Lampung yang selanjutnya disampaikan ke Kemenag RI dan nanti akan dibahas dalam sidang Isbat oleh Kemenag RI untuk menentukan awal Ramadhan 1445 H yang akan dirujuk dari data hisab dan hasil rukyatul hilal di beberapa titik pemantauan hilal di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Pesbar.

BACA JUGA:Pj Bupati Nukman Gelar Doa Bersama Sambut Ramadhan dan Doa Terkait Konflik Satwa di Suoh-BNS

BACA JUGA:KPPN Liwa Anugerahkan Penghargaan Satker Award 2024 Periode Penilaian Semester II 2023

"Untuk itu mudah-mudahan dalam kegiatan pemantauan hilal di Kabupaten ini dapat berjalan sesuai dengan harapan, karena apapun hasilnya nanti tetap akan disampaikan ke Kanwil Kemenag Provinsi Lampung," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: