Akses Jalan Tersendat, Puluhan Rumah di Negeri Ratu Ngambur Terdampak Banjir

Akses Jalan Tersendat, Puluhan Rumah di Negeri Ratu Ngambur Terdampak Banjir

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) sejak Kamis 7 Maret 2024, menyebabkan aliran sungai Way Hanakau di Pekon Negeri Ratu Ngambur Kecamatan Ngambur, meluap sekitar pukul 06.00 WIB, Jumat 8 Maret 2024.

Akibatnya, akses jalan yang menghubungkan Pekon Mon dan Pekon Bumi Ratu serta Kantor Camat Ngambur tergenang banjir, bahkan puluhan rumah warga di dua Pemangku yakni Pemangku Sukanegeri dan Banjar Negeri juga terdampak banjir.

Peratin Negeri Ratu Ngambur, Hazairin Abi, mengatakan bahwa, banjir tersebut disebabkan karena aliran sungai Way Hanakau meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini sejak Kamis 7 Maret 2024 hingga Jumat 8 Maret 2024 dini hari. 

Luapan aliran sungai itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, hingga ke jalan raya dengan ketinggian sekitar 1,5 Meter, sedangkan untuk ketinggian banjir di rumah warga yang terdampak itu sekitar 30 centimeter.

BACA JUGA:Ratu Kepaksian Belunguh Ini Berpotensi Menjadi 'Kuda Hitam' di Pilkada Lampung Barat 2024

BACA JUGA:Pj Bupati Nukman Gelar Doa Bersama Sambut Ramadhan dan Doa Terkait Konflik Satwa di Suoh-BNS

"Untuk sementara ini akses jalan menuju kantor Camat dan juga dua Pekon lainnya di wilayah ini hanya bisa dilalui kendaraan roda empat saja, dan belum bisa dilalui kendaraan roda dua," katanya.

Dijelaskannya, dengan kondisi banjir tersebut pihaknya juga telah berinisiatif untuk meminta bantuan warga yang memiliki kendaraan roda empat seperti mobil L300 dan truk untuk membantu siswa baik SD, SMP, SMA, SMK, serta anak TK, yang akan melaksanakan ujian sekolah. 

Selain itu juga membantu warga yang akan menyeberang.

"Kita berharap kondisi banjir yang melanda wilayah ini bisa segera surut, dan memang untuk di wilayah ini juga merupakan salah satu lokasi yang rentan banjir," jelasnya.

BACA JUGA:KPPN Liwa Anugerahkan Penghargaan Satker Award 2024 Periode Penilaian Semester II 2023

BACA JUGA:Cara Cek Penerima Bansos PKH dan BPNT Segera Cair Maret 2024

Camat Ngambur, Nopron Yosep, S.Sos., membenarkan adanya kejadian banjir tersebut, bahkan saat ini pihaknya bersama stakeholder terkait juga masih melakukan peninjauan di lokasi banjir tersebut. 

Untuk sementara ini memang terdapat ada beberapa rumah yang terdampak akibat banjir tersebut, dan akses jalan menuju kantor Camat dan Pekon lainnya untuk sementara ini juga terdampak karena tergenang banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: