TKI Asal Lambar Meninggal Dunia di Korea Selatan, Keluarga Butuh Bantuan Dana Pemulangan Jenazah

TKI Asal Lambar Meninggal Dunia di Korea Selatan, Keluarga Butuh Bantuan Dana Pemulangan Jenazah

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID- Innalilahi wainailaihi rojiun, kabar duka tengah menyelimuti keluarga besar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sedang berjuang mengadu nasib di negeri orang.

Seorang TKI atau kini dikenal dengan istilah pekerja migran Indonesia (PMI) asal Pekon Sukamaju, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat, Ari Widodo bin Nirman dikabarkan meninggal dunia setelah sempat menderita sakit.  

Jenazah almarhum yang saat ini masih berada di salah satu rumah sakit di Korea Selatan tersebut belum dapat dipulangkan ke Indonesia karena pihak keluarga belum dapat mencukupi biaya pemulangan Jenazah sebesar 7 Juta Won atau jika dikonversikan ke rupiah nilainya sebesar Rp 82 Juta lebih.

Kabar duka itupun dibenarkan oleh pemerintah pekon setempat, ketika dikonfirmasi Pj Peratin Sukamaju, Arna Sari mengatakan, kabar tersebut diterima keluarga, pada Kamis 22 Februari 2024. Sebelum meninggal, almarhum sempat dirawat di rumah sakit negara setempat.

BACA JUGA:Kapolres, Dandim, KPU dan Bawaslu Pantau Langsung PSU TPS 04 Giham Sukamaju

“Keluarga minta almarhum dipulangkan ke Indonesia agar bisa dimakamkan di kampung halaman, tapi terkendala biaya, dan atas nama pemerintah pekon serta keluarga kami memohon dukungan kepada semua pihak serta masyarakat untuk dapat membantu,” kata Arna saat dihubungi pada Sabtu 24 Februari 2024.

Ia menjelaskan, almarhum Ari Widodo merupakan anak tertua dari tiga bersaudara dan keberangkatannya ke negara Korea Selatan baru terhitung sekitar 7 bulan.

“Sejauh ini yang kami tahu almarhum merupakan pekerja migran resmi, tadi kami sudah cek kelengkapan berkas-berkas ada dari Dinas Ketenagakerjaan, termasuk kartu kuning,”kata Arna.

Yang terpenting, kata Arna, saat ini bagaimana almarhum dapat segera dipulangkan ke kampung halaman untuk memenuhi harapan keluarga, karena dibutuhkan biaya sebesar 7 Juta Won atau berkisar Rp 82 Juta lebih untuk pemulangan jenazah ke Indonesia.

BACA JUGA:Berlangsung Meriah, Nanang Ermanto Buka Event Jatiagung Fair 2024

“Kami mengetuk hati seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Lampung Barat untuk dapat membantu keluarga almarhum, bagi yang ingin berdonasi dapat di transfer melalui nomor rekening BRI 7769-01-024682-53-8 atas nama Nirman selaku ayah almarhum,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: