Pekon Penggawa Lima Ulu Maksimalkan Budidaya Ikan Air Tawar

Pekon Penggawa Lima Ulu Maksimalkan Budidaya Ikan Air Tawar

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pekon Penggawa Lima Ulu, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), tahun ini kembali maksimalkan kegiatan budidaya ikan air tawar di pekon setempat.

Peratin Penggawa Lima Ulu, Nizam Wanir, mengatakan melalui anggaran DD tahun 2023 lalu, pihaknya melakukan pengadaan kolam bioflok untuk kegiatan budidaya ikan air tawar yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat saat panen.

“Dalam melaksanakan kegiatan ketahanan pangan tahun 2023 lalu, kami melakukan pengadaan kolam bioflok, kita sudah satu kali panen dan hasilnya kita bagikan ke seluruh masyarakat,” kata dia.

Dijelaskannya, tahun ini kegiatan itu akan kembali dilanjutkan, melalui anggaran dana desa (DD) tahun 2024 pihaknya akan menyiapkan anggaran untuk pengadaan bibit yang akan dibudidayakan.

BACA JUGA:Batas Akhir Hingga Hingga 17 Oktober 2024, UMKM Tanpa Sertifikat Halal Bakal Disanksi

BACA JUGA:Soal Aparatur di Pekon Persiapan, Tunggu Tindak Lanjut Pemkab Pesisir Barat

“Dalam melaksanakan kegiatan itu, kita lebih fokus dalam pembesaran, setelah ikan yang dibudidaya sudah cukup waktunya, maka akan kita panen dan hasilnya akan dibagikan secara gratis ke masyarakat,” jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan budidaya ikan air tawar itu dikelola langsung oleh aparat pekon, bahkan pakannya juga disiapkan sesuai dengan kebutuhan setiap kolam ikan yang ada.

“Total ada enam kolam bioflok yang kita miliki, seluruh kolam itu kita manfaatkan untuk kegiatan budidaya ikan air tawar, sebagai salah satu program ketahanan pangan,” terangnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan konsumsi air tawar masyarakat, meski tidak bisa terpenuhi setiap bulan.

BACA JUGA:Peringati Isra Mi'raj, Warga Pekon Trimulyo Dapat Kabar Bantuan Pekon Untuk TPA

BACA JUGA:Epic!! Begini Hasil Foto Pakai Fitur Galaxy AI Jepretan Fotografer

“Dalam pelaksanaan budidaya ikan air tawar, panen akan dilaksanakan setiap tiga bulan, atau ukuran ikan air tawar telah cukup untuk dikonsumsi, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: