Penggunaan Tapping Box Tidak Maksimal, Bapenda Pesisir Barat Akan Evaluasi

Penggunaan Tapping Box Tidak Maksimal, Bapenda Pesisir Barat Akan Evaluasi

Ilustrasi Tapping Box--

PEBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat penggunaan tapping box di seluruh rumah makan dan penginapan yang terpasang alat itu hingga kini belum berjalan dengan maksimal.

Kabid Pajak Daerah Lainnya, Skorphie Heroza Dharma Putra, mendampingi Kepala Bapenda Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km., mengatakan hingga kini ada 40 tapping box yang terpasang dengan rincian 15 unit di rumah makan dan 25 unit di penginapan.

“Dari jumlah itu bisa kita hitung rumah makan dan penginapan yang benar-benar menggunakan alat itu untuk memaksimalkan pajak dari transaksi yang dilakukan,” kata dia.

Dijelaskannya, secara keseluruhan tapping box yang terpasang di rumah makan dan penginapan itu masih aktif, namun secara transaksi tidak maksimal, hal itu berdasarkan pantauan yang dilakukan.

BACA JUGA:Lima Ranperda 2023, Belum Sidang Paripurna Persetujuan

BACA JUGA:Puskesmas Ngambur dan Pugung Tampak Raih Predikat Akreditasi Utama

“Kita bisa melihat transaksi seluruh rumah makan dan penginapan yang di pasang tapping box tersebut, sehingga kita bisa tahu dimana saja yang menggunakan tapping box untuk transaksi dan tidaknya,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya akan kembali melakukan evaluasi terkait penggunaan tapping box tersebut sehingga bisa berjalan dengan maksimal, dan seluruh tapping box yang ada digunakan untuk kegiatan transaksi baik di rumah makan maupun penginapan.

“Nanti akan kita lakukan evaluasi terkait penggunaan tapping box itu, tentunya agar tapping box dapat digunakan dalam setiap transaksi sehingga pendapatan asli daerah dari pajak rumah makan dan penginapan bisa maksimal,” terangnya.

Ditambahkannya, penggunaan tapping box untuk rumah makan dan penginapan itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pendapatan pajak daerah, hal itu karena dengan menggunakan tapping box maka pendapatan pajak setiap bulannya bisa diketahui.

BACA JUGA:16 SD/MI Ramaikan Kompetisi Seni dan Olahraga MTs Al-Ikhlas Cup lll Pajar Bulan

BACA JUGA:SMAN 1 Pesisir Selatan Usulkan Bantuan PIP Untuk Siswa

“Dengan menggunakan tapping box maka setiap transaksi yang dilakukan akan diketahui nominal pajaknya, jadi sudah bisa dipastikan pendapatan setiap bulannya dan pengguna tapping box tinggal membayar sesuai dengan yang terbaca di tapping box,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: