SMAN 1 Pesisir Selatan Usulkan Bantuan PIP Untuk Siswa

SMAN 1 Pesisir Selatan Usulkan Bantuan PIP Untuk Siswa

Ilustrasi Program Indonesia Pintar--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), tahun anggaran 2024 telah mengusulkan bantuan untuk siswa kurang mampu melalui Program Indonesia Pintar (PIP), ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kepala SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria, S.Pd, M.Pd., mengatakan, di tahun anggaran 2024 pihaknya kembali mengusulkan bantuan untuk siswa kurang mampu yang ada di sekolah setempat melalui PIP.

Sedangkan, yang diusulkan tahun ini 397 siswa dengan rincian melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 197 siswa, dan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebanyak 133 siswa.

“Selain itu, melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ada 67 siswa yang diusulkan tahun ini. Sedangkan yang diusulkan layak untuk PIP itu sebanyak 331 siswa,” katanya.

BACA JUGA:Momen Musrenbang, Dinas PMPTSP Lampung Barat Buka Pelayanan Perizinan

BACA JUGA:Pekon Kubuliku Jaya Tahun Ini Salurkan BLT DD Kepada 17 KPM

Dikatakannya, untuk tahun 2024 ini baru diusulkan melalui data pokok pendidikan (dapodik). 

Sedangkan, untuk di tahun 2023 lalu jumlah penerima PIP itu totalnya 257 siswa yakni 55 siswa yang mendapat bantuan dengan besaran Rp500 ribu/siswa, dan 202 siswa mendapat bantuan sebesar Rp1 juta/siswa selama 2023 lalu. 

Sementara itu, seperti di ketahui bersama bahwa dalam alur realisasi PIP tersebut yakni sekolah mengusulkan melalui dapodik dari data yang ada pada siswa yang mereka dapatkan dari Dinas Sosial (Dinsos).

“Kemudian, setelah keluar adanya Surat Keputusan (SK) penerima PIP dari Dirjen Kemendikbudristek, siswa melakukan aktivasi dan sekolah memfasilitasi administrasi yang dibutuhkan siswa yang bersangkutan,” jelasnya.

BACA JUGA:Siapkan Usulan Prioritas Jelang Musrenbang Kecamatan, Pekon Kubuliku Jaya Gelar Musrenbang Pekon

BACA JUGA:Peringati Hari Gizi, DPC PERSAGI Berkolaborasi Adakan Baksos Penanganan Stunting-Bumil KEK

Sedangkan, masih kata Rodi, dalam pencairan bantuan PIP tersebut dilakukan langsung oleh siswa penerima batuan itu sendiri. 

Karena itu, dengan adanya bantuan PIP yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat setiap tahunnya itu tentu sangat bermanfaat dan membantu siswa salah satunya di SMAN 1 Pesisir Selatan ini untuk kebutuhan perlengkapan sekolah, maupun kebutuhan siswa itu sendiri terutama kepentingan sekolahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: