Bulan Februari, Kecamatan Air Hitam Launching PM Berkah

Bulan Februari, Kecamatan Air Hitam Launching PM Berkah

Camat Air Hitam Bambang Hermanto, S.Pd.I., M.M.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pada Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat bertempat di aula kantor kecamatan, Rabu 24 Januari 2024.

Camat Air Hitam Bambang Hermanto, S.Pd.I., M.M., menyampaikan tentang upaya perluasan penerapan program Bapak Asuh Penanganan Stunting yang dicetuskan Pemkab Lambar 2023. 

Kecamatan Air Hitam Camat Bambang berharap agar program sosial itu bukan hanya berfokus pada penanganan stunting, melainkan dapat menyentuh semua persoalan di masyarakat yang membutuhkan perhatian dan kepedulian sesama untuk dapat membantu.

Dan disampaikannya dari hasil pemikirannya serta mengadopsi hasil dari studi banding di beberapa wilayah yang tepat dalam kebersamaan membantu sesama dalam memperkuat program Bapak Asuh tersebut dibentuknya organisasi sosial yang diberi nama Peduli-Manfaat Berbagi Karena Allah SWT (PM Berkah).

BACA JUGA:Geothermal Suoh Jadi Salah Satu Isi Kampanye Cawapres Mahfud MD di Lampung Barat

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Gelar Training of Trainers Bagi PPK dan PPS

Bambang juga menjelaskan dalam penerapannya PM Berkah dilaksanakan secara terstruktur, terarah dan melibatkan seluruh unsur masyarakat dengan wadah penggalangan dana untuk disalurkan langsung kepada warga yang berhak menerima.

Begitu juga pada penerapannya, bantuan yang terkumpul setiap saatnya, akan disalurkan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima, secara terjadwal dan bergiliran antar pekon yang akan menerima manfaatnya

Dalam rakor itu sendiri untuk PM Berkah didukung penuh para peserta, bahkan telah direncanakan akan di launching Akhir Februari, dan jadwal penyalurannya telah di lakukan undian di mulai dari Pekon Sukajadi. 

Lanjut Bambang PM Berkah ini berlaku bagi semua seperti pegawai Kecamatan, Puskesmas, Aparat Pekon, para guru dan kepala sekolah, serta masyarakat umum yang mempunyai kemampuan finansial yang peduli dapat menyalurkan sedekah di kotak-kotak yang nanti disediakan masing-masing, dan akan di buka setiap hari Jumat.

BACA JUGA:Kurang dari 1x24 Jam, UPT PJJ Rencanakan Perbaikan Kembali Kerusakan Ruas Jalan Sumber Jaya-Kebun Tebu

BACA JUGA:Rembuk Stunting Upaya Pekon Bakhu Bangun Sinergitas untuk Pencegahan dan Penanggulangan

Selanjutnya setiap satu bulan sekali akan dihimpun dan langsung disalurkan kepada masyarakat yang layak menerima seperti penderita stunting, warga yang mengalami penyakit menahun namun tidak ada biaya berobat, atau masyarakat berkebutuhan lain bahkan kedepannya dapat disalurkan kepada siswa yang taraf ekonominya benar-benar tidak mampu, serta tidak menutup kemungkinan dibantukan seperti ke Tempat Pembelajaran Alquran (TPA) seperti pembuatan toilet dll.

"Dengan PM Berkah ini masyarakat dapat menyalurkan sedekah tidak hanya pada kasus stunting, karena kalau hanya stunting sifatnya fluktuatif kadang ada kasus kadang juga tidak, sedangkan untuk masyarakat berkebutuhan atau kurang mampu itu cakupannya lebih luas," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: