Rembuk Stunting Upaya Pekon Bakhu Bangun Sinergitas untuk Pencegahan dan Penanggulangan

Rembuk Stunting Upaya Pekon Bakhu Bangun Sinergitas untuk Pencegahan dan Penanggulangan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pekon Bakhu, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat mengadakan kegiatan rembuk stunting sebagai lanjutan kegiatan Musrenbang tingkat pekon yang digelar pada Rabu 24 Januari 2024.

Dalam kegiatan itu, Pj Peratin Bakhu Aruman menyampaikan bahwa Rembug stunting merupakna bagian dari proses untuk menentukan langkah yang efektif guna mencegah dan menanggulangi stunting yang saat ini menjadi fokus pemerintah. 

“Kegiatan ini penting sehingga harus dilaksanakan untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama stakeholder baik itu pemeirntah maupun lembaga non-pemerintah dan masyarakat,”ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa faktor penyebab stunting diantaranya yakni rendahnya asupan gizi dan status kesehatan, akses terhadap pangan bergizi, praktik pemberian makanan pada bayi dan anak, akses terhadap pelayanan kesehatan dalam akses terhadap kesehatan lingkungan seperti tersedianya air bersih dan sanitasi.

BACA JUGA:Kunker Menag Zulkifli dan Kampanye Mahfud MD di Lampung Barat, Begini Strategi Pengamanan dari Kepolisian

BACA JUGA:Musrenbang Pekon Bakhu, Berbagai Elemen Ikut Berpartisipasi Rencanakan Pembangunan Daerah

“Jadi  melalui rembuk stunting ini besar harapan kita untuk dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta dari semua pihak guna membantu memenuhi asupan gizi bagi anak, wanita hamil dan menyusui,"papar dia.

Pihaknya menyadari bahwa permasalahan stunting kini menjadi persoalan nasional, karena itu pemerintah mulai dari tingkat pekon terus mendukung upaya pencegahan dan penanganan dengan mengoptimalkan anggaran dana desa.

”Pencegahan dan penanganan Stunting memang sudah menjadi salah satu prioritas dana desa sejak beberapa tahun terakhir, dan rembug bagian dari penguatan program yang berkelanjutan,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: