Dukung Peningkatan Produktivitas Perikanan Tangkap, Pesisir Barat Masih Butuh Pelabuhan Perikanan

Dukung Peningkatan Produktivitas Perikanan Tangkap, Pesisir Barat Masih Butuh Pelabuhan Perikanan

Ilustrasi Kapal [email protected]

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) merupakan wilayah yang memiliki potensi dibidang perikanan tangkap

Sehingga perlu ada dukungan dalam meningkatkan potensi khususnya peningkatan produktivitas perikanan tangkap tersebut, salah satunya yakni adanya fasilitas pelabuhan perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesbar, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan, di wilayah Kabupaten Pesbar yang memiliki potensi perikanan tangkap itu hingga kini masih sangat minim fasilitas pelabuhan perikanan, padahal adanya pelabuhan perikanan itu sangat penting dan sangat diharapkan oleh masyarakat nelayan setempat. 

Karena dengan adanya pelabuhan perikanan, itu jelas akan mendongkrak peningkatan produktivitas perikanan tangkap yang ada.

BACA JUGA:29 Koperasi di Pesisir Barat Dinyatakan Tidak Aktif

BACA JUGA:Pekon Sumber Alam Musdesus KPM BLT-DD Acuan P3KE

“Artinya, bisa saja dengan adanya pelabuhan perikanan nanti akan lebih memudahkan nelayan salah satunya dalam melakukan transaksi hasil tangkapannya,” kata Armen, Senin 22 Januari 2024.

Dijelaskannya, untuk sementara ini jumlah pelabuhan perikanan di Kabupaten Pesbar ini memang masih minim dan masih kekurangan yakni hanya terdapat dua lokasi yakni pelabuhan perikanan yang ada di Pekon Kota Jawa Kecamatan Bangkunat, dan pelabuhan perikanan yang ada di Kuala Stabas Kecamatan Pesisir Tengah. 

Sehingga, dengan jumlah pelabuhan perikanan yang masih minim itu mudah-mudahan kedepan bisa mendapat perhatian dari Pemerintah terutama Pemerintah Pusat.

“Sebelumnya, Pemkab Pesbar melalui Dinas Perikanan setempat juga telah berkoordinasi sekaligus mengusulkan ke Pemerintah Pusat mengenai pembangunan pelabuhan perikanan untuk di Pesbar ini,” jelasnya.

BACA JUGA:Warga Apresiasi Respon Cepat Petugas PDAM Tangani Pipa Bocor di Sekincau

BACA JUGA:Lantik PTPS, Camat Air Hitam: Ciptakan Pemilu Adil dan Damai

Namun, lanjutnya, hingga kini belum juga direalisasikan oleh Pemerintah Pusat. 

Sedangkan, untuk kebutuhan pelabuhan perikanan di wilayah perairan Kabupaten Pesbar ini tentu masih cukup banyak, terutama di daerah yang memiliki potensi perikanan tangkap yang cukup tinggi, seperti di Kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Pesisir Selatan dan Kecamatan Ngambur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: