Tahun 2023, Realisasi Capaian Peserta KB Baru di Lampung Barat Hanya 64.76 Persen

Tahun 2023, Realisasi Capaian Peserta KB Baru di Lampung Barat Hanya 64.76 Persen

Kepala DP2KBP3A Lambar M. Danang Harisuseno, S.Ag, M.H--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lampung Barat mencatat selama tahun 2023 untuk realisasi capaian peserta keluarga berencana (KB) baru di Kabupaten Lampung Barat 9.681 aseptor dari target 14.950 aseptor.

“Capaian pelayanan peserta KB baru tahun 2023 tidak tercapai target karena hanya terealisasi 64.76 persen atau 9.681 aseptor,” ungkap Kepala DP2KBP3A Lampung Barat M Danang Harisuseno, S.Ag, M.H, Kamis 18 Januari 2024.

Ia mengungkapkan, untuk tahun 2023 target jumlah peserta KB baru sebanyak 14.950 aseptor rinciannya IUD 139 telah terealisasi 147, MOW dari target 76 hanya terealisasi 30, MOP ditarget 4 namun belum ada realisasinya.

Kemudian, kondom target 993 hanya terealisasi 457, implant target 1.485 telah terealisasi 2.268, suntik dari target 7.578 telah terealisasi 5.757 sedangkan pil dari target 4.675 hanya terealisasi 1.021. 

BACA JUGA:Satpol-PP dan Damkar Lambar akan Gelar Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Bahaya Kebakaran

BACA JUGA:Tegas! Bawaslu Lampung Barat Copot Jabatan Ketua Panwascam Pagardewa

Dikatakannya, metode alat kontrasepsi terbagi menjadi dua yaitu metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) terdiri dari MOP, IUD, Implan dan MOW. Serta non MKJP meliputi suntik, pil dan kondom.

“Kalau melihat data yang ada, masyarakat banyak memilih menggunakan alat kontrasepsi implan, suntik, dan pil,” kata dia  

Danang mengungkapkan, adapun program yang telah dilaksanakan oleh pihaknya antara lain melaksanakan sosialisasi tentang pelayanan KB gratis bekerjasama dengan PLKB se-Kabupaten Lampung Barat.

Pihaknya juga melaksanakan pelayanan keliling di tingkat kecamatan, serta mencari aseptor yang melibatkan kader PPKBD yang ada di tingkat pekon.  

BACA JUGA:Direktur Perumda Limau Kunci Turun Gunung Lakukan Penagihan di Kebun Tebu

BACA JUGA:Bertahun-tahun Bangunan Pustu dan Balai Pekon Way Ngison Terancam Longsor Belum Ditanggulangi

Selain itu, lanjut Danang, pihaknya melaksanakan pelayanan KB secara statis dan dinamis, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Ikatan Bidan Indonesia, PLKB dan kader PPKBD dan sub PPKBD dan PKK.

“Kalau ada acara Pemkab Lampung Barat, kita juga kerap melaksanakan pelayanan KB secara gratis, seperti peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lampung Barat,” tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: