Peringati HAB ke-78 Kemenag di Pesisir Barat, ASN Kemenag Diminta Tingkatkan Spirit Layanan Keagamaan

Peringati HAB ke-78 Kemenag di Pesisir Barat, ASN Kemenag Diminta Tingkatkan Spirit Layanan Keagamaan

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 tahun 2024, yang dipusatkan di halaman MAN 1 Pesisir Barat, Rabu, 3 Januari 2024.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Pesbar, Hi.Helmi, S.Ag, S.Pd, M.M., sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara. 

Selain itu hadir juga seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan kemenag Pesbar, kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan staf, Penyuluh Agama, Penghulu, kepala Madrasah Negeri dan Swasta se-Kabupaten Pesbar serta pihak undangan terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kemenag Pesbar, Helmi, membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, setiap tahun baru, setiap insan Kementerian Agama memiliki makna baru. 

BACA JUGA:Pimpin Upacara HAB ke-78, Pj Bupati Nukman Ajak ASN Kemenag Tingkatkan Spirit Layanan Umat Beragama

Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. 

Artinya, setiap memasuki tahun baru, harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama.

“Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna,” katanya.

Ditambahkannya, Hari Amal Bakti tentu tidak semata sebuah nama, tapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama. 

BACA JUGA:Anggotanya Diduga Garap Istri Orang, Begini Tanggapan Ketua DPRD Lampung Barat

Pada peringatan HAB ke-78 Kemenag ini, pihaknya mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama.

“Sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kemenag tidaklah ringan,” jelasnya.

Menurut Helmi, diantara tugas berat itu adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. 

Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: