Pimpin Upacara HAB ke-78, Pj Bupati Nukman Ajak ASN Kemenag Tingkatkan Spirit Layanan Umat Beragama

Pimpin Upacara HAB ke-78, Pj Bupati Nukman Ajak ASN Kemenag Tingkatkan Spirit Layanan Umat Beragama

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tanggal 3 Januari menjadi momentum penting bagi keluarga besar Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), yang mana tanggal itu merupakan Hari Lahir Kemenag RI atau biasa disebut Hari Amal Bhakti (HAB).

Di awal tahun 2024 ini, usia Kemenag RI telah memasuki usia ke-78. Sehubungan dengan itu Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Lampung Barat menggelar upacara sesuai dengan Surat Edaran Kemenag RI yang diadakan pada tanggal Rabu 03 Januari 2024, bertempat di halaman MAN 1 Lambar.

Upacara itu dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Lambar Drs. Nukman M.M selaku inspektur upacara, yang diikuti Asisten Bidang perekonomian dan pembangunan Wasisno Sembiring, Kepala Kankemenag Lambar Drs. H. Muhammad Yusuf, MM.,Pd, Kepala Perangkat Daerah dan para dewan guru Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MIN) serta siswa-siswi.

Dalam amanatnya Pj. Bupati Lampung Barat mengatakan pada momentum Hari Amal Bhakti ke-78 tersebut ia mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian agama untuk terus meningkatkan spirit layanan terhadap seluruh umat agama.

BACA JUGA:Tiang Listrik Roboh di Ruas Jalan Nasional Sumber Jaya Sebabkan Pemadaman dan Kemacetan

"Indonesia hebat bersama umat adalah tema yang kita usung pada Hari Peringatan Bhakti tahun 2024, hal tersebut bermakna bahwa kita harus bersama membersamai umat untuk menuju manusia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama," ucap Nukman.

Oleh karena itu, Nukman mengimbau untuk mewujudkan birokrasi yang melayani umat dengan senang hati, rasa penuh pengabdian. 

"Tahun 2024 ini kita dihadapkan dengan peristiwa politik yakni pemilihan umum," jelasnya. 

Dikatakannya, agenda politik tersebut adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda yang biasa dilakukan warga negara. 

BACA JUGA:Disdikbud Pesbar Monev Hari Pertama Masuk Sekolah

Oleh karena itu pria berkacamata tersebut mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga dan masyarakat sekitar.

"Bagi ASN Kementerian agama jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," terangnya.

Dengan balutan netralitas tersebut orang nomor satu di Kabupaten Lampung Barat itu meminta kepada seluruh ASN Kementerian agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat.

"Mari kita kawal pemilihan umum nanti dari potensi penggunaan politik identitas keagamaan kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena mudharatnya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang, gembira dan sukacita," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: