Gebyar KMB P5 SMKN 1 Way Tenong Bimbing Siswa Berinovasi yang Menghasilkan

Gebyar KMB P5 SMKN 1 Way Tenong Bimbing Siswa Berinovasi yang Menghasilkan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) yang diterapkan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar.

Terpantau oleh media ini KMB P5 mulai dilaksanakan dan dijalankan dengan penuh semangat di SMK Negeri 1 Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat.

Pada Gebyar KMB P5 yang dilaksanakan dari Senin hingga Kamis tersebut pihak sekolah mengundang, Tim Ahli  bidang program Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknologi Industri (BBPP MPV BMTI) DR. Sahril is MT, didampingi oleh Koordinator Pengawas Sukimin, S.Pd., M.Pd, Ketua MKKS SMK Sugeng Haryanto, S.Pd., M.M dan Seluruh Kepala SMK Negeri dan Swasta Kab. Lampung Barat

Dalam penerapan KMB P5 di satuan pendidikan tersebut, diaplikasikan dalam beberapa kegiatan, seperti P5 Suara Demokrasi, berupa kegiatan pemilihan Ketua OSIS, seperti tahapan pemilu dengan menjalankan berbagai rangkaian mulai dari pendaftaran, penetapan bakal calon (Balon) hingga calon, kampanye sampai pada puncak pemilihan.

BACA JUGA:Pupuk Sinergitas, Dandim 0422 Pimpin Karya Bhakti TNI di Pasar Senin Pajar Bulan

Dilanjutkan dengan Sosialisasi Perundungan dan Petani Generasi Z, lalu Gebyar Tampilan (Medley) Tari Kreasi Nusantara dari berbagai Provinsi Di Indonesia dan Bazar Hasil Pertanian, berkolaborasi dengan guru mata pelajaran PKK  dan Guru Mata Pelajaran Produktif memasarkan Hasil Pertanian Berupa Sayuran Cesin, Kangkung, Terong, Cabe,Selada air, Genjer, Labu Siam, dan Daun Bawang.

Ada juga Produktif PKK menampilkan produk seperti aneka makanan dan minuman, dan aneka hasil keterampilan dari masing-masing siswa yang dibimbing oleh Guru PKK serta produktif kejuruan menampilkan hasil produk dari masing-masing program kejuruan 

Tahap berikutnya gotong royong (Operasi Semut) yang dilakukan internal dan eksternal. 

Bidang Internal gotong royong di dalam lingkungan sekolah dengan membersihkan seluruh lingkungan sekolah dengan didampingi oleh koordinator P5, wali kelas, kepala jurusan.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Beritahu Do'a Agar Dimudahkan Melunasi Hutang

Dan eksternal gotong royong dilakukan dari lingkungan sekolah keluar menuju lingkungan sekitar dari sekolah ke Kelurahan Pajar Bulan.

Plus Kegiatan Bantuan Sosial (Bansos) pemberian 120 paket sembako berisi 2 kg Beras, 5 Butir Telur dan 5 Bungkus Mie Instan.

"Sebelum dilaksanakan gebyar KMB  P5 seluruh koordinator beserta siswa melaksanakan pemanenan sayuran di lingkungan sekolah  berupa tanaman Cesin, Bawang Merah, Bawang Daun, Kedelai. Yang proses penanaman dilakukan di bulan Juli 2023  dengan menyiapkan media tanam (Tanah, Kompos (KOHE), proses pembibitan, pemindahan bibit ke media tanam (Polybag), Proses pemupukan, Proses penyiraman dilakukan setiap hari (Sore Hari) pemanenan, pengemasan dan pemasaran," terang Kepala SMKN 1 Way Tenong Edi Sutiawan, S.Kom.

Lanjut Edi. Harapan Tim P5, kedepannya program yang sudah dijalankan akan terus berkelanjutan dan bisa membantu siswa-siswi SMKN 1 Way Tenong untuk lebih mempunyai jiwa yang berkarakter dalam bidang kewirausahaan yang lebih memiliki nilai jual dan akan membantu meraih masa depannya dengan lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: