Puluhan Warga Pekon Turgak Gotong Royong Tanggulangi Kerusakan Jalan

Puluhan Warga Pekon Turgak Gotong Royong Tanggulangi Kerusakan Jalan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Puluhan masyarakat Pekon Turgak, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan gotong royong untuk menanggulangi kerusakan jalan akibat tergerus air di ruas jalan utama yang menghubungkan pekon itu dengan pusat kecamatan setempat, Jumat (1 Desember 2023).

Penanganan berupa pemasangan talud yang dibuat menggunakan pasir gunung yang dikemas dalam puluhan karung untuk mencegah kerusakan jalan agar meluas.

Sekaligus di beberapa titik masyarakat membersihkan tanaman liar untuk normalisasi saluran drainase.

Gotong royong dipimpin Pj Peratin Turgak Siswadi Azis beserta aparatur pekon, yang juga diikuti tokoh masyarakat sekaligus mantan peratin definitif, Ikhwan serta puluhan warga.

BACA JUGA:Kecamatan Sukau Gelar Sertijab Pj Peratin di 7 Pekon

Pj Peratin Turgak Siswadi Azis mengatakan, gotong royong kali ini difokuskan pada kegiatan penanganan kerusakan jalan utama pekon yang amblas akibat tergerus banjir.

Selain itu di beberapa lokasi warga membersihkan saluran drainase untuk kelancaran saluran air di musim penghujan yang apabila tidak dibersihkan dapat menimbulkan banjir dan menggenangi badan jalan sehingga dapat merusak fasilitas jalan.

“Saat ini sedang musim hujan, rumput-rumput di bahu jalan cepat sekali tumbuh. Serta drainase juga banyak yang terjadi pendangkalan. Jadi kita gerakan masyarakat untuk bergotong royong, karena meskipun pemeliharaan jalan ini menjadi kewenangan pemkab namun kita tetap ikut ambil peran untuk kenyamanan bersama,” ungkapnya.

Sementara, tokoh masyarakat sekaligus mantan Peratin Turgak periode 2017-2023, Ikhwan yang ikut serta dalam kegiatan itu mengatakan menyikapi tingginya curah hujan yang berlangsung saat ini pihaknya berinisiatif melakukan gotong royong untuk memperbaiki kerusakan jalan utama pekon yang kondisinya kian parah akibat musim penghujan

BACA JUGA:Fhitri Aydi Ditunjuk Jadi Pj Peratin Sinar Luas

“Apa yang kami lakukan hari ini adalah bagian dari kepedulian pada fasilitas yang ada, kami ucapkan terima kasih atas partisipasi dan kepedulian dari seluruh lapisan masyarakat, karena dengan menjaga semangat gotong-royong apapun persoalan bisa kita atasi bersama termasuk bersih-bersih saluran drainase ini untuk mempertahankan keawetan jalan agar tetap berfungsi secara optimal,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: