Kunker ke Lampung, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Serahkan Sertifikat Secara Door to Door ke Masyarakat

Kunker ke Lampung, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Serahkan Sertifikat Secara Door to Door ke Masyarakat

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, hari ini melakukan kunjungan kerja (Kunker ) ke Provinsi Lampung. Selasa 28 November 2023.

Lokasi pertama dikunjungi Menteri Hadi yakni Landasan Udara (Lanud) M. Bunyamin di Kabupaten Tulangbawang. 

Menteri Hadi menyerahkan 110 sertipikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di berbagai beberapa kabupaten,termasuk menyelesaikan konflik pertanahan di Desa Bumi Agung Marga, Kabupaten Lampung Utara.

Adapun Konflik yang dimaksud terjadi karena tanah yang didiami sebagian warga ternyata berada di Kawasan Hak Pengelolaan (HPL) milik Departemen Pertahanan dan Keamanan Cq. Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (TNI-AU).

BACA JUGA:Kemendes-DNN Siap Berkolaborasi Menuju Kemajuan Desa di 2024

Sebanyak 110 sertipikat hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap diserahkan secara langsung oleh Menteri Hadi.

Menteri ATR/BPN mengatakan penyerahan sertipikat menjadi wujud komitmen Kementerian ATR/BPN dalam menuntaskan PTSL serta menyelesaikan sengketa dan konflik pertanahan dengan mengedepankan sinergi dan kolaborasi dengan sejumlah pihak. 

Adapun penyelesaian konflik di Kabupaten Lampung Utara tersebut Kementerian ATR/BPN bekerja sama dengan TNI-AU dan pemerintah daerah setempat. 

Kemudian dalam kunjungan itu Menteri ATR beserta rombongan singgah di Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan dan menerima penghargaan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. 

BACA JUGA:Segini Gaji PPPK untuk Desember 2023 Sesuai Golongan dan Masa Kerja

Adapun penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan dalam penyelesaian sertipikasi tanah HUNTAP bagi masyarakat terdampak tsunami pada tahun 2018 lalu.

Sertipikasi tersebut merupakan wujud dari sinergi dan kolaborasi antara Kementerian ATR/BPN, BNPB, pemda beserta Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), masyarakat juga stakeholders terkait.

Diakhir kunjungannya di Lampung, Menteri ATR/Kepala BPN mengunjungi Desa Kunjir tepatnya di Kabupaten Lampung Selatan guna menyerahkan 10 sertipikat HUNTAP secara door to door untuk korban terdampak tsunami 2018 silam. 

Sertipikat dapat diserahkan setelah melalui serangkaian proses hingga akhirnya masyarakat terdampak bencana kini bukan hanya memiliki HUNTAP yang jauh lebih aman, namun juga memiliki kepastian hukum hak atas tanah yang mereka tempati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: