2.296 Anggota Satlinmas Disiapkan Bantu Pengamanan Pemilu 2024

2.296 Anggota Satlinmas Disiapkan Bantu Pengamanan Pemilu 2024

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Keberadaan anggota satuan pelindung masyarakat (Satlinmas) yang ada di setiap pekon di Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu garda terdepan dalam melakukan pengamanan Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang.

Sebagai persiapan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadaman Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Lambar melalui Bidang Linmas bersama unsur TNI mulai memberikan pelatihan dasar untuk meningkatkan kemampuan anggota Satlinmas dalam melaksanakan pengamanan pemilu, seperti dilaksanakan di Kecamatan Batu Ketulis, Belalau dan akan berlanjut ke sejumlah kecamatan lainnya.

Kabid Linmas pada Satpol-PP dan Damkar, Mujiran menerangkan, anggota satlinmas menjadi salah satu unsur pendukung keamanan kewilayahan dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum (trantibum) di tengah masyarakat, termasuk juga melekat tugas untuk turut mengawal serta mengamankan jalannya pemilu.

“Sebagai persiapan, kami mulai mengadakan pelatihan di tingkat kecamatan seperti di Kecamatan Belalau dan Batu Ketulis. Masing-masing kecamatan kita minta mengirim 20 anggota Linmas untuk mengikuti pembinaan dan latihan diantaranya tentang wawasan kebangsaan, PBB, Bela Diri Dasar serta beberapa materi lainnya yang instrukturnya selain dari Satpol-PP juga kita gandeng unsur TNI,” kata Mujiran.

BACA JUGA:Kajari Lampung Barat M. Zainur Rochman Resmi Bertugas

Selain itu, kata Mujiran, ada sejumlah materi lain yang diberikan berkaitan dengan tugas linmas dalam mengamankan lokasi tempat pemungutan suara (TPS), karena dalam proses pemungutan suara itu, untuk petugas keamanan hanya linmas yang diperbolehkan berada di dalam TPS.

“Ya termasuk kita berikan materi terkait simulasi pengamanan surat suara dan kotak suara juga, karena dari petugas keamanan yang hanya diperbolehkan di dalam TPS kan Linmas,” imbuh dia.

Dengan diadakannya berbagai pelatihan itu pihaknya berharap, pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang dapat berjalan dengan kondusif dan aman. 

Karenanya sejak saat ini anggota satlinmas dilatih untuk meningkatkan kemampuan dan mendeteksi potensi yang mengancam ketentraman dan ketertiban umum.

BACA JUGA:Keistimewaan Mushola di Rumah, Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

“Di Lambar ada sebanyak 2.296 personel linmas yang tersebar di 15 kecamatan, insha allah semua siap kolaborasi dengan berbagai pihak, untuk menjaga kelancaran dan keamanan pemilu 2024 mendatang,” imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: