Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri Atas Permintaan Pimpinan KPK

Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri Atas Permintaan Pimpinan KPK

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemeriksaan Ketua Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Fili Bahuri dilakukan di Bareskrim Polri atas permintaan melalui surat yang dikirim KPK kepada Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Ketua KPK Firli Bahuri diperiksa terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan). Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada hari Selasa 24 Oktober 2923.

Berdasarkan informasi yang beredar, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak melalui keterangan tertulis, pada Selasa 24 Oktober 2023. Menyebutkan, Bahwa pada hari Senin pukul 21.40 WIB, penyidik Subdit Tipikor telah menerima surat dari pimpinan KPK Republik Indonesia (RI) tertanggal 23 Oktober 2023.

Surat tersebut, lanjut dia ditujukan kepada Dittipidkor Bareskrim Polri dan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya selaku penyidik, yang pada pokok suratnya adalah memohon agar mengijinkan pemeriksaan atau permintaan keterangan terhadap Ketua KPK RI saudara Firli Bahuri sebagai saksi.

BACA JUGA:Bawaslu Surati KPU Pesisir Barat, Ada Bacaleg Berstatus LHP dan Parpol Tidak Penuhi Kuota Perempuan

Hal tersebut tambahnya, merujuk pada surat panggilan penyidik sebelumnya dapat dilaksanakan pada hari Selasa,tanggal 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB bertempat di Kantor Bareskrim Polri.

Ia menjelaskan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dittipidkor Bareskrim Polri perihal permintaan tersebut. Hingga dijadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua KPK dilakukan pagi 24 Oktober 2023 di Bareskrim Polri oleh penyidik gabungan dari Bareskrim Polri juga Polda Metro Jaya.

"Menindaklanjuti permintaan tersebut Dirreskrimsus Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan Dirtipidkor Bareskrim Polri untuk melakukan pemeriksaan atau permintaan keterangan sebagai saksi terhadap saudara Firli Bahuri selaku Ketua KPK RI di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri pada Selasa, 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB,"ungkapnya.

Ketua KPK Firli Bahuri Penuhi Panggilan Penyidik.

BACA JUGA:4 Rumah di Panjang Bandar Lampung Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Seperti yang diketahui, Ketua KPK memenuhi panggilan penyidik terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Ketua KPK akan dimintai keterangan oleh penyidik gabungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya beserta Dittipidkor Bareskrim Polri.

Saat kedatangan Firli Bahuri tak terlihat oleh awak media. Karena, ia datang tak melalui akses pintu masuk utama gedung Bareskrim Polri.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengkonfirmasi kedatangan Firli. Dia mengatakan Firli telah tiba untuk menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: