Sepertinya El Nino Segera Berakhir, BMKG Mengumumkan Beberapa Wilayah Ini Bakal Hujan Lebat

Sepertinya El Nino Segera Berakhir, BMKG Mengumumkan Beberapa Wilayah Ini Bakal Hujan Lebat

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya Menyatakan secara umum, wilayah Provinsi Kalimantan Tengah berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang serta petir dalam tiga hari kedepan ini.

Selama tiga hari mendatang ini, wilayah di Kalteng sudah berpotensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Dia pun menerangkan, untuk wilayah di Kalteng ini adalah kabupaten Lamandau, kabupaten Seruyan bagian utara, kabupaten katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur, kapuas, pulang pisau serta Kota Palangka Raya.

"Sementara ini untuk suhu udara berkisar pada 22-34 drajat celcius. Kelembaban udara berkisar pada 50_100%. Angin yang umumnya bertiup dari Timur Laut yang menuju Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 10-20 kilometer per jam,"ujar Lian.

BACA JUGA:Mantan Waka KPK 2007-2011 Jelaskan Dugaan Gratifikasi Pemimpin KPK

BMKG juga menghimbau bagi masyarakat pada wilayah Provinsi berjuluk "Bi Tambah Bungai, Bumi Pancasila" Mewaspadai serta berhati-hati terhadap dampak bencana yang telah timbul.

Kondisi ini juga harus menjadikan masyarakat semakin waspada mengenai potensi adanya genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor serta pohon tumbang akibat kondisi cuaca tersebut.

Saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir, masyarakat diminta segera mencari tempat berlindung yang aman seperti di dalam rumah atau gedung.

"Jauhi papan reklame atau baliho, pohon besar dan jangan berada di lapangan atau tempat terbuka untuk menghindari sambaran petir atau pohon tumbang, papan reklame dan sejenisnya. Berlindunglah di bangunan permanen," kata Lian.

BACA JUGA:Berikut Analisis BMKG Mengenai Cuaca Panas di Indonesia

Untuk dapat memperbarui informasi perkembangan cuaca, masyarakat juga dapat untuk mengakses layanan yang diberikan BMKG melalui laman resmi BMKG, aplikasi BMKG dan berbagai media sosial BMKG.

Iya juga mengatakan untuk meningkatkan kewaspadaan serta antisipasi dini terhadap potensi bencana alam akibat cuaca, BMKG juga selalu menyampaikan prakiraan dan perkembangan cuaca terbaru kepada pemerintah daerah, instansi vertikal.

Tujuannya agar seluruh masyarakat dan berbagai pihak terkait dapat melakukan antisipasi bencana akibat perubahan cuaca, tambahnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: