Jelang Natal-Tahun Baru, ASDP Tingkatkan Kapasitas Dermaga Pelabuhan Gilimanuk Bali

Jelang Natal-Tahun Baru, ASDP Tingkatkan Kapasitas Dermaga Pelabuhan Gilimanuk Bali

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mempersiapkan angkutan penyeberangan menjelang Natal dan Tahun Baru yang akan datang oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Dengan meningkatkan kapasitas Dermaga IV yang ada di Pelabuhan Gilimanuk, Bali dan saat ini progresnya telah mencapai 19 persen.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi menjelaskan, peningkatan kapasitas tersebut ditarget rampung 14 Desember mendatang sehingga dapat langsung difungsikan untuk melayani masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Dalam rangka persiapan angkutan penyeberangan periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, ASDP saat ini tengah mengerjakan proyek peningkatan kapasitas Dermaga IV yang ada di Pelabuhan Gilimanuk," ucap dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA:Lama Timbulkan Kerusakan, Penanganan Banjir di Jalan Pagar Dewa - Lumbok Tidak Masuk Perencanaan

Manfaat dari salah satu peningkatan kapasitas tersebut ialah kapal dapat sandar di dermaga lebih besar dari 500 gross ton (GT) menjadi 2.000 GT sehingga kapasitas muatnya lebih besar.

Untuk panjang dermaga akan ditambahkan awalnya 24 meter menjadi 75 meter dan trestlenya dari 25 meter menjadi 75 meter yang fasilitasnya mencakup 3 unit Mooring Dolphin dan 5 unit bolder.

Diharapkan peningkatan kapasitas ini dapat mengurangi kemacetan saat peak season atau event-event tertentu.

"Peningkatan infrastruktur dermaga ini nantinya akan mampu mendukung pertumbuhan sektor perhubungan, ekonomi, dan pariwisata di wilayah Gilimanuk," jelasnya.

BACA JUGA:Selalu Pakai Helm SNI saat Berkendara di Jalanan Umum Jika Tidak Ingin Seperti Ini

Proyek ini juga merupakan bagian upaya dari pemerintah dan ASDP dalam memperkuat infrastruktur pelabuhan nasional.

ASDP akan mengembangkan dan meningkatkan kualitas untuk pelayanan di Pelabuhan Gilimanuk. Bali.

Pengembangan Pelabuhan Gilimanuk ini rencananya sebagai wujud komitmen ASDP mendukung konektivitas Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi serta pembangunan tol Bali (Gilimanuk-Mengwi).

Diharapkan dengan terhubungnya jalan tol ini, nantinya akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Bali.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: