Mantap! 3 Sekolah di Lampung Barat Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

Mantap! 3 Sekolah di Lampung Barat Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) patut berbangga. Pasalnya, Selasa (17 Oktober 2023) tiga sekolah yang ada di kabupaten ini yaitu MAN 1 Lampung Barat, MTsN 1 Lampung Barat dan MIN 1 Lampung Barat meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2023.

Penghargaan bergengsi tingkat nasional tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Prof. DR. Ir. Siti Nurbaya, M.S.c. kepada tiga kepala sekolah dari Lampung Barat yaitu Kepala MAN 1 Lampung Barat Ikhsanudin, M.Pd, Kepala MTs Negeri 1 Lampung Barat Desi Arisandi, M.M.Pd, Kepala MIN 1 Lampung Barat Darmani, M.Pd.I. di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti  Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Ditetapkan tiga sekolah tersebut sebagai penerima penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2023 sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SK.1061/MENLHK/P2SDM/SDM.2/10/2023.

“Tahun 2022 lalu ada lima sekolah dan tahun ini ada tiga sekolah di Kabupaten Lampung Barat yang meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ini suatu kebanggaan bagi kita,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) M Henry Faisal, S.H, M.H, Selasa (17 Oktober 2023).

BACA JUGA:Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata, 7 Poin Ini yang Ditekankan Kapolres Pesisir Barat

Dijelaskannya, di Provinsi Lampung, selain tiga sekolah di Kabupaten Lampung Barat terdapat juga SMPN 4 Pringsewu Kabupaten Pringsewu dan SDN 11 Metro Pusat, Kota Metro yang meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2023. 

Serta satu sekolah yaitu SMPN 2 Adiluwih Kabupaten Pringsewu meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2023.

Menurut Henry, Sekolah Adiwiyata Nasional adalah sekolah yang telah mendapatkan predikat Adiwiyata Kabupaten dan Provinsi. 

Ada dua hal yang dinilai yaitu administrasi dan dokumen peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah yang meliputi pengelolaan sampah, kebersihan dan sanitasi lingkungan sekolah, konservasi air dan energi dan inovasi-inovasi yang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah.

BACA JUGA:Hadapi Pemilu, Polres Lampung Barat Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

“Kami menyampaikan selamat atas diterimanya penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2023 untuk MIN 1 Lampung Barat, MTsN 1 Lampung Barat dan MAN 1 Lampung Barat,” ujar dia.

“Harapannya, sekolah Adiwiyata Lampung Barat untuk tetap konsisten melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah dan bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kantor Kementerian Agama melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah yang belum beradiwiyata, sehingga kedepannya akan semakin banyak sekolah di Lampung Barat menjadi sekolah Adiwiyata, serta melaksanakan kegiatan dan gerakan lainnya untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lestari, bersih, indah dan sehat,” sambung Henry. 

Ia berharap kedepannya jumlah sekolah di Kabupaten Lampung Barat yang akan menerima penghargaan adiwiyata baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional akan terus bertambah. 

Sekadar diketahui, jumlah sekolah di Kabupaten Lampung Barat saat ini yang menyandang predikat sekolah adiwiyata mencapai 15 sekolah, rinciannya delapan sekolah meraih adiwiyata tingkat nasional, empat sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan tiga sekolah adiwiyata tingkat kabupaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: