Hari Santri Nasional ke-VIII Kabupaten Lampung Barat Dipusatkan di Air Hitam

Hari Santri Nasional ke-VIII Kabupaten Lampung Barat Dipusatkan di Air Hitam

Ketua Panitia Peringatan HSN Lampung Barat Tahun 2023 Hafiyan Haryadi, M.IP--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-VIII tingkat Kabupaten Lampung Barat akan dipusatkan di Kecamatan Air Hitam.

Demikian diungkapkan Ketua Panitia Peringatan HSN Lampung Barat Tahun 2023 Hafiyan Haryadi, M.IP pada acara Rapat Evaluasi via Zoom Meeting, Rabu 11 Oktober 2023.

"Upacara peringatan HSN akan dilaksanakan pada Minggu 22 Oktober 2023 dengan lokasi di Lapangan Kecamatan Air Hitam, sementara untuk lomba-lomba akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Ihyauth Tholibin Yayasan Hasan Abdurohman Pekon Semarang Jaya, pondok pesantren di bawah pimpinan Kyai Dimyati Attahimi S.Pd.I.," kata Hafiyan yang pada saat Rapat Evaluasi didampingi Sekretaris Ust Belly Muarif, S.Pd.I, M.Pd.

Menurut dia, tema HSN tahun ini mengusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" melalui tema ini, para santri diajak untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital.

BACA JUGA:Pembayaran Piutang Siltap Pekon Desa di Pesisir Barat Tunggu APBD Perubahan Disahkan

"Ya, mari kita bersama mensukseskan HSN 2023 sebagai bukti cinta kita terhadap tanah air tercinta, sukses acara ini nantinya adalah sukses karena melalui kebersamaan, bukan sukses individu," pungkas Hafiyan. 

Sementara itu Sekretaris Panitia Ust Belly Muarif, S.Pd.I, M.Pd. menambahkan bahwa berbagai perlombaan akan dilaksanakan mulai Sabtu 21 Oktober 2023, dimulai pagi hari hingga malam bertempat di Pondok Pesantren Ihyauth Tholibin.    

"Malamnya seluruh panitia dan peserta dan undangan lainnya akan berada di Aula MA Radin Intan Air Hitam untuk pelaksanaan Kegiatan Sholawat dan Istighosah," ungkap Ust Muarif.

Seraya menambahkan, puncaknya tanggal 22 akan dimulai dengan Prosesi Kirab Santri dimulai dari Pertigaan Pekon Sinarjaya Kecamatan Air Hitam menuju Lapangan Upacara Kecamatan Air Hitam, usai kirab kemudian dilanjutkan Upacara Peringatan HSN 2023 dan pembagian hadiah-hadiah perlombaan.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras, Kabupaten Pesbar Masih Aman dari Bencana

Dilain pihak, Seksi Perlombaan Ust Mohammad Wahidin, S.SPd pada rapat Evaluasi tersebut mengungkapkan bahwa lomba-lomba akan diikuti peserta santriwan dan santriwati dari lembaga-lembaga dan pondok-pondok Pesantren Se Lampung Barat.

"Hingga hari ini Rabu 11 Oktober sudah fix sekitar 80% peserta yang telah terdata akan ikuti lomba-lomba di HSN 2023. Adapun lombanya adalah Lomba Baca Kitab, Lomba Muhafadhoh/Lalaran, Lomba Cerdas, Lomba Muhadloroh/Ceramah  dan Lomba Adzan," kata dia. 

Di akhir Rapat Evaluasi tersebut Ketua Panitia Hafiyan Haryadi mengungkapkan bahwa HSN 2023 akan dihadiri Pj. Bupati Lampung Barat Nukman, Anggota DPR RI Mukhlis Basri, Ketua DPRD Edi Novial, jajaran Forkopimda, Kepala Kemenag Kabupaten Lampung Barat Muhammad Yusuf, Ketua MUI Kabupaten Lampung Barat Ust H Pairozi, Jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lampung Barat, Pengurus Muhammadiyah, Pengurus Baitul Mukhlisin Kabupaten Lampung Barat dan undangan lainnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: