Pelayanan Vaksinasi Rabies Gratis Dalam World Rabies Day di Lampung Barat Disambut Antusias Masyarakat

Pelayanan Vaksinasi Rabies Gratis Dalam World Rabies Day di Lampung Barat Disambut Antusias Masyarakat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) setempat menggelar peringatan hari rabies sedunia (world rabies day) yang dipusatkan di Pekon Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit, Sabtu (7 Oktober 2023).

Kepala Disbunnak Lampung Barat Yudha Setiawan, SIP., mewakili Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., dalam sambutannya mengungkapkan,  World Rabies Day (Hari Rabies Sedunia) diperingati setiap tanggal 28 September.

"Hari peringatan World Rabies Day ini merupakan sebuah momentum yang baik untuk mengingatkan kembali kesadaran masyarakat terhadap penyakit Rabies yang mematikan dan berbahaya bagi masyarakat terutama di daerah yang memiliki jumlah populasi hewan penular rabies (HPR) yang tinggi seperti di Lampung Barat," ungkapnya.

Terusnya, tingginya jumlah populasi HPR di Lampung Barat yang saat ini mencapai 15.000 ekor terdiri dari hewan anjing, kucing, dan kera terjadi karena tingkat kebutuhan Masyarakat sebagai hewan kesayangan, menjaga kebun maupun menyalurkan hobi berburu. 

BACA JUGA:Alumni SDN Sebarus Serahkan Bantuan Untuk Guru Korban Kebakaran

BACA JUGA:Simpan Ganja, Seorang Pemuda Diciduk Sat-Resnarkoba Polres Lambar

"Dengan kondisi ini diperlukan kesadaran yang tinggi dari masyarakat pemelihara hewan penular rabies untuk merawat hewan peliharaannya dengan baik dan memperhatikan kesejahteraan hewan kesayangannya yang salah satunya dengan memperhatikan waktu vaksinasi rabies secara berkala setiap tahun yang akan mengurangi resiko tertular rabies," ujarnya.

Terusnya, untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi rabies, maka pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Disbunnak Lampung Barat secara bersama-sama pada tahun 2023 dalam rangka memperingati hari rabies sedunia  mengadakan rangkaian kegiatan yaitu Vaksinasi Rabies serentak dan massal untuk rekor MURI. 

"Untuk diketahui Bersama bahwa acara vaksinasi rabies massal untuk rekor MURI ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia yang pusatnya dilaksanakan di kota Bandung dan dilaksanakan oleh semua pihak terkait seperti Dinas Yang menangani fungsi peternakan, perguruan tinggi dan Stakeholder terkait," kata dia.

Dengan tema “All for 1, One health for all” atau “semua untuk satu, satu kesehatan untuk semua” yang maknanya berarti semua orang memiliki tanggung jawab memberantas rabies. 

BACA JUGA:Anggota DPRD Lambar Tantang Dinas PUPR Buka Data dan Desain Perencanaan Rabat Beton DAK Rp19 Miliar

BACA JUGA:Cari Pinjaman Online Tanpa Bunga yang Resmi OJK? Kredivo Jadi Pilihan

"Disbunnak menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis terhadap hewan kesayangan yang ada terutama kucing dan anjing. Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan dengan melibatkan komunitas kelompok berburu dari Pekon Padang Cahya dan sekitarnya dan selain melakukan vaksinasi rabies pada hewan kesayangan baik anjing maupun kucing, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan konsultasi kesehatan," kata dia.

Selain dengan kegiatan simbolis ini, Pemkab  Lampung Barat juga siap melayani kegiatan serupa secara gratis setiap harinya dengan mengunjungi kantor Puskeswan yang tersebar di 6 lokasi di Lampung Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: